Dakwah nahi mungkar di media sosial: Analisis isi pesan dakwah pada akun instagram @Indonesiatanpapacaran

Muharam, Arman (2019) Dakwah nahi mungkar di media sosial: Analisis isi pesan dakwah pada akun instagram @Indonesiatanpapacaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy

Abstract

Teknologi informasi yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat, menuntut da’i untuk dapat menyesuaikan dan mampu memanfaatkan kemajuan tersebut sebagai sarana berdakwah. Penggunaan media sosial termasuk salah satunya instagram bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan dakwah secara efektif. Perkembangan ini dikarenakan pesan yang disampaikan dapat dengan mudah diterima oleh jamaah (followers). Akun @Indonesiatanpapacaran adalah salah satu akun instagram yang memfokuskan pada konten-konten dakwah Islam. Setiap konten unggahannya fokus pada pesan-pesan larangan berpacaran atau perbuatan mungkar dengan sasaran dakwahnya yaitu remaja muslim, dengan tujuan agar mereka terhindar dari dosa berpacaran. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui; (1). Pesan dakwah nahi mungkar pada akun instagram @indonesiatanpapacaran dalam bentuk penjelasan. (2). Pesan dakwah nahi mungkar bentuk nasihat. (3). Pesan dakwah nahi mungkar bentuk pencegahan. Adapun teori yang digunakan yaitu teori media sosial dari Shirky serta teori dakwah nahi mungkar dari Ikhwani dan Muhammad Iqbal. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis isi kualitatif, yakni dengan melakukan penyusunan data yang kemudian dijelaskan, dianalisis, yang dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pesan dakwah yang diunggah selama bulan Februari 2019 yaitu sebanyak 162 konten, jumlah yang termasuk dalam klasifikasi peneliti sebanyak 135 pesan unggahan, 125 berupa gambar atau caption dan 25 berupa video. pesan dakwah nahi mungkar bentuk penjelasan tersebut terbagi pada tiga aspek yaitu akidah yang berkaitan dengan iman kepada Allah, Kitab, dan iman kepada Qada dan Qadar. Aspek Syariah yang berkaitan dengan anjuran beribadah dan anjuran menjaga diri. Aspek akhlak yang terbagi pada akhlak terpuji dan akhlak tercela. Pesan dakwah nahi mungkar bentuk nasihat terbagi dalam tiga kategori yaitu nasihat berupa hikmah, nasihat berupa mauidzah hasanah, dan nasihat berupa mujadalah. Sedangkan pesan dakwah nahi mungkar bentuk pencegahan terbagi pada tiga kategori yaitu preventif (pencegahan sebelum terjadi), represif (konsekuensi atau akibat dari suatu perbuatan), dan Kuratif (tindakan setelah terjadi perbuatan). Dari berbagai temuan di atas, maka dapat diketahui bahwa kegiatan dakwah di media sosial selain untuk mengajak amar makruf juga bisa mencegah atau melakukan nahi mungkar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Dakwah Nahi Mungkar; Media Sosial
Subjects: Argument and Persuasion
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Allah SWT (Alloh SWT)
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Qadha dan Qadar, Takdir
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: arman muharam
Date Deposited: 09 Oct 2019 02:35
Last Modified: 09 Oct 2019 02:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25129

Actions (login required)

View Item View Item