Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran mean ends analysis hubungannya dengan aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran PAI bahasan nikmatnya mencari ilmu: Penelitian pada siswa kelas X Multimedia 2 SMK Yappika Legok Tangerang

Mariah, Mariah (2019) Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran mean ends analysis hubungannya dengan aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran PAI bahasan nikmatnya mencari ilmu: Penelitian pada siswa kelas X Multimedia 2 SMK Yappika Legok Tangerang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di kelas X Multimedia 2 Yappika Legok Tangerang diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran guru PAI menggunakan model Means Ends Analysis dan mendapatkan tanggapan yang cukup positif. Namun di sisi lain, aktivitas belajar siswa masih rendah. Hal tersebut menarik peneliti untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa kelas X Multimedia 2 Yappika Legok Tangerang mengenai penggunaan model pembelajaran Means Ends Analysis, 2) Aktivitas belajar PAI siswa kelas X Multimedia 2 Yappika Legok Tangerang. 3) Hubungan Antara penerapan model MEA dengan Aktivitas belajar PAI. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa seseorang dapat melakukan aktivitas belajar karena adanya dorongan yang diawali tanggapan terhadap stimulus yang ada. Salah satu bentuk dari stimulus adalah model pembelajaran. Oleh karena itu, penulis merumuskan hipotesis Ha: ada hubungan antara tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Means Ends Analysis dengan aktivitas belajar, dan Ho: tidak ada hubungan antara tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Means Ends Analysis dengan aktivitas belajar. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan berawal dari penentuan lokasi penelitian, penentuan jenis data, penentuan sumber data, penentuan metode dan teknik pengumpulan data. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk memperoleh data kualitatif. Sedangkan angket digunakan untuk memperoleh gambaran data kuantitatif dari 48 responden yang dijadikan sampel yang selanjutnya diolah melalui analisis statistik korelasional. Dari hasil perhitungan statistik diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, realitas tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (variabel X) berdistribusi normal dan diperoleh mean sebesar 54,42 termasuk kualifikasi tinggi. Kedua, realitas aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI (variabel Y) diperoleh mean 49,96, termasuk kualifikasi cukup. Ketiga, realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Means Ends Analysis (variabel X) dengan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI (variabel Y) diperoleh hasil 0,62 yang menunjukan bahwa adanya hubungan yang cukup antara tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Means Ends Analysis (variabel X) dengan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI (variabel Y) karena berada diantara skala korelasi 0,41 – 0,70. Kadar pengaruh tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Means Ends Analysis (variabel X) dengan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI (variabel Y) sebesar 38,44 %, sedangkan 61,56 % lagi dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Model MEA; Aktivitas Belajar; PAI;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mariah Mariah
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:18
Last Modified: 17 Oct 2019 03:18
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25133

Actions (login required)

View Item View Item