Implikasi menghafal Al-Qur'an terhadap akhlak anak: Penelitian di Madrasah Al-Maaliyah Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut

Awaliyah, Rifa (2019) Implikasi menghafal Al-Qur'an terhadap akhlak anak: Penelitian di Madrasah Al-Maaliyah Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy

Abstract

Semakin berkembangnya jaman maka dapat memberikan perubahan dalam segala bidang yang mengakibatkan terjadinya penurunan akhlak atau moral manusia, yang mana perilaku ataupun akhlak manusia yang semakin hari semakin jauh dari kaidah-kaidah yang islami. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya orang tua sebagai guru pertama untuk anak-anaknya bisa mengarahkan anaknya untuk bisa dekat dengan nila-nilai agama, salah satunya yaitu mendekatkan anak dengan Al-quran baik membaca ataupun menghafalnya, cara ini merupakan cara yang tepat supaya bisa membentuk akhlak yang baik pada anak. Salah satunya yaitu di Madrasah Al-Maaliyah Bayongbong Garut yang mana program menghafal Al-qur’an ini diyakini oleh para staf pengajar dan pimpinan madrasah akan sangat membantu dalam pembentukan karakter ataupun akhlak yang baik untuk anak. Untuk itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai implikasi menghafal Al-qur’an terhadap akhlak anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku atau akhlak anak di Madrasah Al-Maaliyah, kemudian untuk mengetahui cara atau metode menghafal Al-qur’an di Madrasah Al-Maaliyah, dan untuk mengetahui implikasi dari menghafal Al-qur’an terhadap akhlak anak penghafal Al-qur’an yang ada di Madrasah Al-Maaliyah. Begitupun dengan metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan mendeskripsikan data serta didukung oleh observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dari penelitian ini. Dengan menghafal Al-qur’an anak banyak mengalami perubahan terhadap akhlaknya, seperti: menjadi disiplin, sabar, bertutur kata baik, hormat pada orang tua dan guru, bertanggung jawab, konsisten, dan serius pada saat menghafal. Perubahan ini terjadi karena anak terbiasa melakukan aktivitas dalam menghafal, seperti: menghafal sendiri-sendiri, mempelajari makna-makna dalam Al-qur’an, muraja’ah. sehingga anak terbiasa melakukan hal-hal yang baik yang secara tidak langsung diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuklah perilaku atau akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-qur'an; Akhlak; Anak;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rifa Awaliyah
Date Deposited: 21 Oct 2019 06:10
Last Modified: 21 Oct 2019 06:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25146

Actions (login required)

View Item View Item