Pengaruh pendidikan dan model pelatihan in house training (Iht) terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan kabupaten Cirebon : Penelitian di Smk Caruban Nagari dan Smk Nusantara

Nuraeni, Nuraeni (2018) Pengaruh pendidikan dan model pelatihan in house training (Iht) terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan kabupaten Cirebon : Penelitian di Smk Caruban Nagari dan Smk Nusantara. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)

Abstract

INDONESIA : Penunjang kinerja guru adalah adanya penilaian serta evaluasi yang merupakan tolak ukur untuk mengetahui bagaimana perkembangan serta peningkatan dari kinerja guru. Ditemukan adanya kesulitan untuk mewujudkan peningkatan kinerja guru yang efektif dan efisien, khususnya melalui pelatihan yang diadakan oleh lembaga pendidikan untuk semua tenaga pendidik mengenai keahlian serta perubahan yang terjadi pada kurikulum dan cara pengajaran yang dituntut untuk selalu aktif dan memberikan pengarahan kepada peserta didik untuk selalu melakukan observasi serta temuan-temuan yang ada pada proses pembelejaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan guru dan pelatihan guru yang telah diikuti oleh setiap guru terhadap kinerja. Tujuan pendidikan guru dan pelatihan guru merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas diri seorang pendidik dalam suatu organisasi. Penelitian ini dilakukan karena ingin membuktikan adanya pengaruh antara pendidikan guru serta pelatihan guru terhadap kinerja guru. Data yang dikumpulkan dari lapangan berupa data kuantitatif yang diolah dengan menggunakan statistik serta metode deskriptif yang mampu memberikan gambaran terhadap masalah yang akan diteliti. Pengaruh pendidikan guru terhadap kinerja guru dapat diperlihatkan dari hasil uji hipotesis diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pendidikan guru memiliki pengaruh terhadap Kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05, dan nilai thitung > ttabel yaitu 3.751 > 1.70113, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Pengaruh pelatihan guru terhadap kinerja guru dapat diperlihatkan dari hasil uji hipotesis di atas dapat dilihat bahwa Pelatihan guru memiliki pengaruh terhadap Kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai thitung > ttabel yaitu 3.963 > 1.70113 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil Uji F Simultan menyatakan bahwa Hasil uji F tersebut menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 97,605 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Nilai ini kemudian dibandingkan dengan F tabel yang dihitung pada derajat bebas pembilang (df pembilang) sebesar 2 dan derajat bebas penyebut (df penyebut) sebesar 27 pada taraf 0,05 yang nilainya adalah 3.35. Tampak sangat jelas bahwa nilai Fhitung (43,696) lebih besar dari Ftabel (3.35). sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Pendidikan (X1), Pelatihan guru (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja guru(Y) Adanya pendidikan guru dan pelatihan guru memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kinerja guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan, program pelatihan sehingga dapat meningkatkan kinerja guru yang ada yaitu dengan cara melakukan terlebih dahulu analisis kebutuhan pendidikan dan kebutuhan pelatihan bagi guru agar kualitas serta program tersebut tepat sasaran, meningkatkan kinerja guru dengan memberikan pelatihan dan reward kepada guru yang mempunyai prestasi, sehingga akan memberikan motivasi tersendiri bagi guru-guru tersebut. ENGLISH : To support teachers' performance, the assessment was a benchmark for how to develop and improve a teacher's action. The difficulty in improving the effective teacher's performance, especially through the Foundation's training of all teachers on skills, curriculum changes, active teaching, and guidance for learners to provide feedback and results throughout the school's learning process. The purpose of this research is to find out the impact of education and teacher training on their performance. It is one way to improve the quality of teachers in the organization. The researcher wanted to examine the influence of teacher’s education and training on their performance. Data collected from the field are processed in the form of quantitative data using statistics and descriptive methods that can provide an overview of the problem to be studied. The influence of teacher’s education on teacher performance can be shown from result of hypothesis test above can be concluded that teacher’s education and training have influence to teacher performance. This is evidenced by p-value (sig.t) < 0,05 which 0.000 < 0,05, and tcount > ttable is 7.243 > 1.66757 means that Ho is rejected and Ha is accepted. The influence of teacher’s training on teacher performance can be shown from result of hypothesis test above can be concluded that teacher’s education and training have influence to teacher performance. This is evidenced by p-value (sig.t) < 0,05 which 0.000 < 0,05, and tcount > ttable is 5.635 > 1.66437 means that Ho is rejected and Ha is accepted. And from the results of Simultaneous F test states that the F test results show that the value of Fcount is 97.605 with a significance level of 0.000. Then this value is compared with the Ftable that calculated on the degrees free numerator as 2 and the degrees of the denominator as 67 at the 0.05 level whose value is 3.13. It seems very clear that the value of Fcount (97,605) is bigger than Ftable (3.13). so it can be concluded that teacher education background variables (X1), teacher training (X2) have a significant influence on teacher performance (Y). The teacher’s education and teacher training has a considerable influence on teacher performance to improve the quality of education and training programs, so as to improve the performance of teachers. Which is starts by doing the analysis of educational needs and training needs for teachers, till the quality and the program is on target. And also to improve the performance of teachers is by providing training and rewards to teachers who have achievements, so that will provide their own motivation to do more and better.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pendidikan; Model Pelatihan IHT; Kinerja Guru
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 09 Oct 2019 09:05
Last Modified: 09 Oct 2019 09:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25160

Actions (login required)

View Item View Item