Manajemen kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi: Studi penelitian di SMP Plus Bakti Nusantara 666 Kabupaten Bandung

Rahma, Fitriani (2019) Manajemen kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi: Studi penelitian di SMP Plus Bakti Nusantara 666 Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_babi.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_babii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_babiii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_babiv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_babv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah SMP Plus Bakti Nusantara 666 merupakan lembaga pendidikan yang banyak diminati. SMP Plus Bakti Nusantara 666 mempunyai prestasi yang baik yaitu dalam kelulusan ataupun manajemennya. Prestasi yang dimiliki oleh peserta didik tersebut tidak lepas dari peran guru sebagai pendidik, pegaturan dan manajemen pada seluruh aspek baik manajemen kurikulumnya yang memanfaatkan fasilitas sarana dan prasarana IT yang ada di SMP Plus Bakti Nusantara 666. Rumusan Masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui,1) Perencanaan Manajemen Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Plus Bakti Nusantara 666, 2) Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi 3) Evaluasi Manajemen Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi 4) Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi 5) Hasil Manajemen Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Data tersebut lalu dikelola dengan cara unitisasi data, katagorasi data, dan penafsiran yang dilanjutkan dengan uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Manajemen Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Plus Bakti Nusantara 666 sangat memanfaatkan sarana dan prasarana IT yang telah difasilitasi oleh pihak sekolah dari mulai perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat dan hasil. 1) Perencanaan dilakukan pada awal tahun ajaran baru dan dibentuk tim dari pihak sekolah dan yayasan. 2) Pelaksanaan kurikulum meliputi semua program yang telah direncanakan. 3) Evaluasi kurikulum dilakukan setiap sebulan sekali untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam penguasaan pembelajaran yang menggunakan IT. 4) Pelaksanakan Manajemen Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak lepas dari fakgor pendukung dan penghambat yang terjadi di SMP Plus Bakti Nusantara 666 diantaranya fasilitas IT yang memadai dan guru yang diikut sertakan dalam training tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Adapun faktor penghambat seperti jaringan internet yang tidak stabil. 5) Keberhasilan Manajemen Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Plus Bakti Nusantara 666 sangat berpengaruh terhadap keberhasilan secara kuantitas yang setiap tahunnya selalu meningkat calon peserta didik yang mendaftar. SMP Plus Bakti Nusantara 666 telah melaksanakan Manajemen Kurikulum Berbasis TIK dengan baik dan disarankan tetap mempertahankan keberhasilan yang telah diperoleh dan ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kurikulum; Teknologi Informasi dan Komunikasi;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Curricula
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fitriani Rahma
Date Deposited: 21 Oct 2019 08:42
Last Modified: 21 Oct 2019 08:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25173

Actions (login required)

View Item View Item