Pendidikan agama dalam keluarga siswa hubungannya dengan hasil belajar materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru: Penelitian pada siswa kelas VIII C dan VIII E SMP Triyasa Bandung

Hidayat, Opik (2019) Pendidikan agama dalam keluarga siswa hubungannya dengan hasil belajar materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru: Penelitian pada siswa kelas VIII C dan VIII E SMP Triyasa Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini timbul dari pemikiran bahwa pendidikan agama dalam keluarga siswa merupakan kunci keberhasilan pendidikan agama di sekolah. Penelitian ini berawal dari fenomena yang muncul di SMP TRIYASA BANDUNG khususnya di kelas VIII C dan VIII E, yakni masih banyak siswa yang belum lancar membaca Al-qur’an, menulis huruf arab, hafalan bacaan sholat dan surat-surat pendek, kurang menghormati bahkan tak acuh terhadap guru, gaya penampilan yang kurang sopan serta tutur kata yang kurang baik. Hal ini menunjukan bahwa fenomena tersebut berkaitan erat dengan faktor lain, diantaranya pendidikan agama dalam keluarga siswa. Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui realitas pendidikan agama dalam keluarga siswa, realitas hasil belajarnya materi hormat dan patuh kepada orangtua dan guru, dan hubungan pendidikan agama dalam keluarga siswa dengan hasil belajarnya materi hormat dan patuh kepada orangtua dan guru. Penelitian ini bertolak dari kajian teoretis yang menyatakan bahwa ada hubungan antara pendidikan agama dalam keluarga siswa dengan hasil belajarnya materi hormat dan patuh kepada orangtua dan guru. Hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi pendidikan agama dalam keluarga siswa maka semakin tinggi pula hasil belajarnya materi hormat dan patuh kepada orangtua dan guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket, observasi, tes, wawancara dan studi kepustakaan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII C dan VIII E SMP TRIYASA BANDUNG sampel yang diambil 50 orang. Analisis yang dilakukan meliputi deskripsi data perindikator, pervariabel, uji normalitas masing-masing variabel, uji regresi, serta analisis korelasi beserta pengujian koefisien korelasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh kesimpulan bahwa realitas pendidikan agama dalam keluarga siswa berada pada kategori baik hal tersebut ditunjukan oleh skor rata-rata 3,66. Realitas hasil belajarnya materi hormat dan patuh kepada orangtua dan guru berada pada kategori sangat baik hal tersebut ditunjukan oleh skor rata-rata 86,24. Sedangkan hubungan antara variabel X dan Ý diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,56 termasuk kategori cukup. Artinya dapat disimpulkan terdapat hubungan yang cukup antara pendidikan agama dalam keluarga siswa dengan hasil belajarnya materi hormat dan patuh kepada orangtua dan guru. Adapun koefisien determinasi variabel X terhadap variabel Y menghasilkan 31%. Artinya pendidikan agama dalam keluarga siswa memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa materi hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebesar 31%. Itu berarti masih ada sekitar 69% faktor lain yang mempengaruhi hasil belajarnya materi hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama; Keluarga; Hasil Belajar;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Culture and Institutions > Family
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Opik Hidayat
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:02
Last Modified: 10 Oct 2019 03:02
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25199

Actions (login required)

View Item View Item