Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada karyawan PDAM Tirta Medal Cabang Sumedang Utara

Satibi, Ahmad (2019) Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada karyawan PDAM Tirta Medal Cabang Sumedang Utara. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Karyawan dalam bekerja harus berkomitmen tinggi sehingga terwujud nilai-nilai yang ada di dalam organisasi. Komitmen organisasi pada karyawan dipengaruhi oleh motivasi kerja dan kepuasan kerja. Kurangnya motivasi kerja akan membuat karyawan tidak bekerja sesuai dengan yang diinginkan oleh organisasi karena dengan motivasi membuat karyawan mempunyai keinginan dalam diri yang terarah untuk mencapai tujuan organisasi. Dan kurangnya kepuasan kerja membuat karyawan tidak puas dalam bekerja sehingga tidak berupaya semaksimal mungkin untuk bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada karyawan PDAM Tirta Medal Cabang Sumedang Utara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, untuk motivasi kerja menggunakan teori dari George and Jones (2005) yang terdiri dari arah prilaku, tingkat kegigihan, dan tingkat usaha. Dan untuk kepuasan kerja menggunakan teori dari Robbins (2003) yang terdiri dari pekerjaan itu sendiri, gaji, kesempatan promosi, supervisi, dan rekan kerja. Sedangkan untuk komitmen organisasi menggunakan teori dari Allen and Meyer (1993) yang terdiri dari komitmen afektif, komitmen berkelanjutan, dan komitmen normatif. Untuk mengetahui pengaruh dari motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi, peneliti menggunakan metode penelitian eksplanatory dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel yakni sebanyak 37 karyawan. Pengujian statistik yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji korelasi, analisis regresi berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F, dan uji koefisien determinasi (R2) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi terbukti dengan pengujian yang menghasilkan thitung > ttabel = (3,585 > 2,032) dengan tingkat signifikansi 0,01%. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi terbukti dengan pengujian yang menghasilkan thitung > ttabel = (3,867 > 2,032) dengan tingkat signifikansi 0,00%. Motivasi kerja dan kepuasan kerja berpengaruh positif secara simultan dan signifikan terhadap komitmen organisasi terbukti dengan pengujian yang menghasilkan Fhitung > Ftabel = (30,219 > 3,28) dengan tingkat signifikansi 0,00%. Nilai koefisien determinasi atau R squere (R2) yang diperoleh dari pengolahan data untuk pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada karyawan PDAM Tirta Medal Cabang Sumedang Utara secara simultan adalah sebesar 0,640, ini menunjukan persentase sumbangan pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi sebesar 64%, sedangkan 36% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hubungan sebab akibat; motivasi kerja; kepuasan kerja; komitmen organisasi
Subjects: Causation
Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Applied Psychology > Personal Improvement and Analysis
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Works Associates
Humankind
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ahmad Satibi Satibi
Date Deposited: 10 Oct 2019 04:26
Last Modified: 10 Oct 2019 04:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25201

Actions (login required)

View Item View Item