Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap peningkatan pemecahan masalah matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VII MTs Negeri 5 Kuningan

Haerani, Syifa (2019) Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap peningkatan pemecahan masalah matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VII MTs Negeri 5 Kuningan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dinilai masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) kualitas kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran BERBASIS PORTOFOLIO dan konvensional, (b) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara menggunakan model pembelajaran berbasis Portofolio dan konvensional, (c) sikap siswa terhadap model pembelajaran berbais Portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di kelas VII MTs Negeri 5 Kuningan. Untuk pengambilan data, peneliti mengambil populasi seluruh siswa kelas VII. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga di dapat sampel kelas VII-A dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Portofolio dan VII-B dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian sebagai berikut : (a) kualitas kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Berbasis Portofolio termasuk kategori kurang dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional termasuk kategori jelek (b) berdasarkan uji hipotesis, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Berbasis Portofolio dan konvensional, (c) berdasarkan analisis data skala sikap siswa, sikap siswa terhadap model pembelajaran Berbasis Portofolio sebagian besar siswa memberikan respon positif, hal ini dilihat dari rata-rata sikap siswa yang lebih besar daripada sikap netral.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: portofolio; berbasis portofolio;
Subjects: Knowledge
Knowledge > Research; Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Syifa Haerani
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:55
Last Modified: 10 Oct 2019 02:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25205

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item