Pengaruh total kas dan piutang usaha terhadap jumlah Aset Lancar pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Astra Graphia Tbk pada periode 2015-2017

Antono, Racha Wahyu (2019) Pengaruh total kas dan piutang usaha terhadap jumlah Aset Lancar pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Astra Graphia Tbk pada periode 2015-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_babi.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_babii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_babiii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_babiv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_babv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy

Abstract

Laba merupakan tujuan utama dari suatu perusahaan didirikan. Indikator terbaik untuk melihat pertumbuhan suatu perusahaan adalah laba. Selain itu tingkat pertumbuhan laba menjadi tolak ukur investor untuk menanamkan modalnya. Tingkat pertumbuhan laba dapat dihitung melalui Profit Growth, terdapat faktor yang mempengaruhi Profit Growth diantaranya adalah Total Assets Turnover dan Net Profit Margin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh dan Total Kas secara parsial terhadap Jumlah Aset Lancar; 2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Piutang Usaha secara parsial terhadap Jumlah Aset Lancar; 3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Total Kas dan Piutang Usaha secara simultan terhadap Jumlah Aset Lancar pada PT. Astra Graphia Tbk Periode 2015-2017. Kerangka berfikir pada penelitian ini adalah Total Kas merupakan aktiva yang paling likuid untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, makin besar Total Kas yang ada dalam perusahaan berarti makin tinggi likuiditasnya. Ini berarti bahwa perusahaan mempunyai resiko yang lebih kecil untuk tidak dapat memenuhi kewajiban finansialnya. Sedangkan Piutang Usaha merupakan unsur aset lancar yang likuid dan selalu dalam keadaan berputar. Jika Piutang Usaha bertambah maka jumlah aset lancar pun akan bertambah, sebaliknya jika Piutang Usaha berkurang maka jumlah aset lancar pun akan berkurang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini karena peneliti akan mendeskripsikan data sampel tanpa bermaksud untuk melakukan generalisasi. Analisis dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode statistic untuk menguji hipotesis yang telah di tetapkan. Tujuan menggunakan metode penelitian ini adalah untuk membuktikan ada atau tidak adanya pengaruh data yang dianalisa tersebut. Berdasarkan hasil penelitian. Peneliti memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Secara parsial, hasil pengujian hipotesis Total Kas terhadap Jumlah Aset Lancar menunjukkan hasil sebesar sebesar 35,2% dengan H0 diterima dan Ha ditolak. 2) Secara parsial, hasil pengujian hipotesis Piutang Usaha terhadap Jumlah Aset Lancar menunjukkan hasil sebesar sebesar 81,2% dengan H0 ditolak dan Ha diterima. 3) Secara simultan, hasil pengujian hipotesis Total Kas dan Piutang Usaha terhadap Jumlah Aset Lancar menunjukkan hasil sebesar sebesar 96,9% dengan H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Total Kas; Piutang Usaha; Aset Lancar;
Subjects: Econmics
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Racha Wahyu Antono
Date Deposited: 17 Oct 2019 06:53
Last Modified: 17 Oct 2019 06:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25219

Actions (login required)

View Item View Item