Implementasi mahar jasa di Desa Jatiwangi Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang menurut Imam Hanafi dan Imam As-Syafi'i

Ulwan, Muhammad Nashih (2019) Implementasi mahar jasa di Desa Jatiwangi Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang menurut Imam Hanafi dan Imam As-Syafi'i. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB I.pdf

Download (856kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)

Abstract

Dalam pernikahan wajib hukumnya bagi seorang laki-laki memberikan mahar kepada pihak perempuan baik berupa materi maupun jasa. Namun dalam penelitian ini pemberian mahar berupa jasa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui salah satunya masyarakat di Desa Jatiwangi. Kebanyakan dari masyarakat Desa Jatiwangi memberi kan mahar berupa materi seperti emas dan uang. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dibahas bagaimana tinjauan pendapat Imam As-Syafi’i dan Imam Hanafi dalam pemberian mahar berupa jasa, diharapkan juga dapat memberikan pemahaman lebih mengenai pemberian mahar jasa khususnya kepada masyarakat Desa Jatiwangi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pemberian mahar jasa dalam perkawinan yang terjadi di Desa Jatiwangi, untuk mengetahui pendapat Imam As-Syafi’i dan Imam Hanafi tentang pemberian mahar jasa, untuk mengetahui pelaksanaan pemberian mahar jasa dalam perspektif Imam As-Syafi dan Imam Hanafi di Desa Jatiwangi. Jenis penelitian di dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan studi pustaka yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung kedaerah objek penelitian guna memperoleh data yang berhubungan dengan pelaksanaan pemberian mahar jasa dalam pernikahan yang ada di masyarakat Desa. Jatiwangi Kec. Jatisari Kab. Karawang serta data-data studi kepustakaan sebagai pendukung dalam penyusunan skripsi ini yang berkaitan dengan pembahasan penelitian penulis. Hasil penelitian ini menunjukan pemberian mahar jasa di Desa Jatiwangi, masyarakat mempunyai kebiasaan memberikan mahar berupa materi, sehingga dampak dari kebiasaan masyarakat memberikan mahar materi ini masyarakat jarang yang memberikan mahar berupa jasa karena masih banyak yang belum mengetahui adanya mahar jasa. Pendapat Imam Hanafi tentang pemberian mahar berupa jasa itu tidak diperbolehkan maka harus diganti dengan mahar mitsil ukuran minimal adalah 10 dirham. Pendapat Imam As-Syafi’i tentang mahar jasa ini diperbolehkan karena prinsip beliau yang terpenting berharga dan bermanfaat maka boleh dijadikan sebagai mahar. Dalam persoalan ini apabila ditinjau dari pendapat kedua Imam tersebut maka masyarakat Desa Jatiwangi hal ini sangat cocok menurut pendapat Imam As-Syafi’i karena pelaksanaan pemberian mahar di Desa Jatiwangi ada yang berupa harta adapula yang berupa jasa dan beliau berpendapat bahwa pemberian mahar initidak ada batas minimal dan prinsipnya dalam pemberian mahar ini yang terpenting berharga, bernilai dan bermanfaat maka boleh dijadikan sebagai pemberian mahar. Seandainya mengambil pendapat Imam Hanafi itu sangat tidak cocok, karena pemberian mahar berupa jasa tidak diperbolehkan, maka istri berhak mahar mitsil, ukuran mahar mistil adalah 10 dirham dinominalkan dalam uang adalah Rp. 18.660.000 dalam hal sangat memberatkansekali bagi masyarakat Desa Jatiwangi apabila dilihat dri mata pencaharian masyarakat ini kebanyakan adalah buru tani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: mahar jasa ;di Desa Jatiwangi; Kecamatan Jatisari; Kabupaten Karawang; Imam Hanafi; Imam As-Syafi'i;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
Depositing User: Muhammad Nashih Ulwan
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:22
Last Modified: 11 Oct 2019 03:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25265

Actions (login required)

View Item View Item