Penerapan metode pembelajaran take and give untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak : Penelitian tindakan kelas di kelas III MI Husainiyah

Rismayanti, Irma (2019) Penerapan metode pembelajaran take and give untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak : Penelitian tindakan kelas di kelas III MI Husainiyah. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_cover.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas III MI Husainiyah Cicalengka Kabupaten Bandung. Adapun permasalahan tersebut adalah kurang motivasi belajar siswa terhadap kegiatan pembelajaran, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa tidak mencapai ketuntasan. Karenanya perlu ada solusi salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran Take and Give. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Realita motivasi belajar siswa kelas III MI Husainiyah Cicalengka Kabupaten Bandung sebelum diterapkan metode pembelajaran Take and Give; 2) Proses penerapan metode pembelajaran Take and Give pada mata pelajaran Akidah Akhlak; 3) Peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Take and Give. Metode pembelajaran Take and Give dipilih peneliti untuk mengatasi masalah pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas III MI Husainiyah Cicalengka Kabupaten Bandung. Metode pembelajaran Take andGive merupakan metode pembelajaran yang didukung oleh penyajian data yang diawali dengan pemberian kartu kepada siswa, sehingga melalui kartu keterampilan siswa dapat bekerja berpasangan dan sharing informasi bersama siswa lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi dan kuesioner (angket). Responden pada penelitian ini berjumlah 27 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum diterapkan metode Take and Give masih di bawah KKM (75), hal ini terlihat dari hasil rata-rata motivasi belajar sebesar 55,1 dengan kategori masih kurang. Pembelajaran dengan menggunakan metode Take and Give terlaksana dengan baik, hal ini terlihat dari aktivitas guru dengan rata-rata persentase siklus I 77,7% dengan kategori baik dan hasilnya meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase 100% dengan kategori sangat baik. Adapun hasil motivasi belajar setelah diterapkan metode Take and Give diperoleh rata-rata siklus I 58,4 dengan kategori belum tuntas dan siklus II meningkat menjadi 63,7 dengan kategori Tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Take and Give dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi membiasakan akhlak terpuji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran take and give; motivasi belajar; akidah akhlak;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irma Rismayanti
Date Deposited: 11 Oct 2019 06:40
Last Modified: 11 Oct 2019 06:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25296

Actions (login required)

View Item View Item