Implementasi Peraturan daerah Kabupaten Bekasi nomor 12 tahun 2011 tentang rencana tata ruang wilayah di tinjau dari perspektif Siyasah Dusturiyah: Studi kasus perizinan Kecamatan Sukatani

Rosyad, Faqihuddin (2019) Implementasi Peraturan daerah Kabupaten Bekasi nomor 12 tahun 2011 tentang rencana tata ruang wilayah di tinjau dari perspektif Siyasah Dusturiyah: Studi kasus perizinan Kecamatan Sukatani. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy

Abstract

Didalam Perda No 12 Tahun 2011 pasal 8 ayat 7 didalam poin b dan c ditegaskan gaskan bahwa: b). mempertahankan kawasan pertanian lahan basah dan/atau beririgasi teknis; c). mengendalikan alih fungsi lahan sawah menjadi kegiatan budi daya lainnya: akan tetapi dalam praktik dilapangan banyak ditemukan penyimpangan-penyimpangan seperti pembangunan perumahan di lahan basah yang tidak untuk peruntukan nya, seperti daerah sukatani. Dalam rencana tata ruang wilayah disebutkan bahwa daerah tersebut tetap di pertahankan sebagai kawasan lahan basah. Akan tetapi dalam praktiknya justru lahan basah tersebut habis di bangun perumahan. Hal ini jelas menyalahi aturan pola ruang perda tersebut. Rumusan dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah No. 12 tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bekasi? 2) Apa Faktor-faktor yang Melatarbelakangi Implemetasi Peraturan Daerah No. 12 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bekasi? 3) Bagaimana Tinjauan Siyasah Dusturiyah Terhadap Implementasi Peraturan Daerah No. 12 tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bekasi? Adapun tujuan dari pebelitian dalam hal ini adalah: 1) Untuk mengetahui sejauh mana prosedur perizinan Perda 12 Tahun 2011 tentang, rencana tata ruang wilayah kabupaten Bekasi. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi terbentuknya Perda No. 12 Tahun 2011 tentang, rencana tata ruang wilayah kabupaten Bekasi. 3) Untuk mengetahui Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap upaya pemerintah dalam implementasi Perda No. 12 Tahun 2011 tentang, rencana tata ruang wilayah kabupaten Bekasi. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan riset kebijakan secara deskriptif dan explanatif. Desain penelitian ini menggunakan model Contex, input, process, dan product (CIPP) sebagaimana yang diformulasikan oleh Stufflebeam melalui tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi dan teknik pemeriksaan keabsahan data yang diharapkan bisa dilaksanakan secara konsisten. Dari hasil penelitian ini menjabarkan Implemetasi Peraturan Daerah No.12 Tahun 2011 secara umum belum berjalan baik, dari mulai tahap sosialisasi, pengawasan, penetiban dan pemantauan. Faktor pendukung dan penghambat yaitu, masih kurang partisipasi dari masyarakat dan peraturan yang sudah disusun dengan baik menjadi faktor pendukung. Sedangkan ditinjau dari Siyasah Dusturiyah terhadap implementasi peraturan daerah ini pemerintah sudah melaksanakan sesuai dengan prinsip Siyasah Dusturiyah tetapi masih banyak tanggung jawab pemerintah Kabupaten Bekasi terkait rencana tata ruang wilayah belum ter Implementasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rencana Tata Ruang Wilayah; Peraturan daerah Kabupaten Bekasi; Siyasah Dusturiyah;
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Faqihuddin Rosyad
Date Deposited: 22 Oct 2019 07:42
Last Modified: 22 Oct 2019 07:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25336

Actions (login required)

View Item View Item