Implementasi penguatan pendidikan karakter siswa melalui program ekstrakulikuler keputrian di SMK Negeri 1 Karawang: Penelitian di SMK Negeri 1 Karawang

Liani, Laela Apri (2019) Implementasi penguatan pendidikan karakter siswa melalui program ekstrakulikuler keputrian di SMK Negeri 1 Karawang: Penelitian di SMK Negeri 1 Karawang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya program ekstrakulikuler keputrian di SMKN 1 Karawang tujuannya untuk meningkatkan karakter siswa, berdasarkan informasi yang didapat karakter siswa mengalami penurunan dari ibadah mereka kepada Allah, baik itu segi kuantitas menjalankan shalat hanya 3 waktu dalam sehari semalam, maupun dari segi kualitas kurang hormat kepada guru maupun teman, serta kurangnya kesadaran siswa menjaga lingkungan. Dari fenomena tersebut dibutuhkan implementasi penguatan pendidikan karakter agar para siswa tersebut bisa kembali ke jalan yang benar. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tentang: (1) Program penguatan karakter (2) pelaksanaan (3) evaluasi (4) Karakter peserta didik setelah diterapkan program ekstrakulikuler keputrian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Thomas Lickona tahun 1991: 51. Ia berpendapat bahwa karakter terdiri atas tiga korelasi antara lain moral knowing, moral feeling, dan moral behavior. Yang artinya: mengetahui halhal yang baik, memiliki keinginan untuk berbuat baik, dan melaksanakan yang baik tadi berdasarkan atas pemikiran, dan perasaan apakah hal tersebut baik untuk dilakukan atau tidak, kemudian dikerjakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan utama pada penelitian ini: siswa dengan sampel 20 orang, guru BK dan guru-guru PAI, Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, kongklusi data. Adapun untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Program penguatan pendidikan karakter siswa merujuk pada visi misi sekolah, lalu diturunkan menjadi tujuan membentuk karakter siswa dengan tuntunan ajaran agama, mengembangkan potensi remaja putri, memperkuat ukhuwah, mencegah dan meminimalisir kenakalan remaja, terbiasa berbuasana yang rapih sesuai syariat agama, mengembangkan baca Al-Qur’an. (2) Pelaksanaan implementasinya mencakup tiga aspek yaitu materi, metode dan pihak yang terlibat. Untuk materi mencakup bimbingan shalat, bimbingan al-Qur’an,bimbingan kesehatan wanita, etika berpakaian, etika bergaul, tanggung jawab dan percaya diri, peduli lingkungan, menghargai dan menghormati perbedaan, memanfaatkan waktu luang. Untuk metode yang digunakan yaitu: ceramah, tanya jawab, dan diskusi, presentasi dan demonstrasi. Pihak yang terlibat yaitu kepala sekolah, wakasek kesiswaan, guru BK, dan guru-guru PAI. (3) Evaluasi yang digunakan ialah dengan non tes, wawancara dan pengamatan terhadap siswa, (4) kegiatan keputrian dapat berkontribusi terhadap disiplin, berakhlak, dan meningkatkan ibadah siswa. Pesan menjalankan program ekstrakulikuler keputrian dengan konsisten. Kesan warga sekolah yang ramah dan lingkungan sekolah yang nyaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter; Program Ekstrakulikuler Keputrian
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi PAI
Depositing User: Laela Apri Liani
Date Deposited: 14 Oct 2019 01:51
Last Modified: 14 Oct 2019 01:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25438

Actions (login required)

View Item View Item