Program Entrepreneurship sebagai metode bimbingan karir bagi anak usia dini : Penelitian di Taman Kanak-Kanak Bintang Madani Kelurahan Cisaranten Bina Harapan Kecamatan Arcamanik Bandung

Nurhasanah, Enung (2017) Program Entrepreneurship sebagai metode bimbingan karir bagi anak usia dini : Penelitian di Taman Kanak-Kanak Bintang Madani Kelurahan Cisaranten Bina Harapan Kecamatan Arcamanik Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Fenomena saat ini, kebanyakan anak hanya memiliki cita-cita yang terbatas pada jenis pekerjaan tertentu. Seperti menjadi dokter, TNI, dan polisi. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan anak tentang janis-jenis karir dan rendahnya penghargaan terhadap karir. Di indonesia sendiri hanya karir-karir tertentu yang dihargai. Oleh karena itu, pengetahuan tentang karir harus dibangun sejak usia dini. Sehingga sejak dini anak sudah memiliki wawasan tentang karir yang beraneka ragam. Untuk itu diperlukan adanya bimbingan karir pada anak sejak usia dini dalam memfasilitasi hal tersebut. Salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang mengadakan kegiatan bimbinga karir adalah TK Bintang Madani. Pelaksanaan bimbingan dikemas melalui program entrepreneurship yang bertujuan untuk mengenalkan jenis karir pedagang pada anak. Program ini dilaksanakan dalam tiga bentuk kegiatan, yakni cooking calss, pameran dan market day. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah : pertama untuk mengetahui bentuk kegiatan program entrepreneurship yang dilakukan di TK Bintang Madani Arcamanik Kota Bandung. Kedua untuk mengetahui proses pelaksanaan program entrepreneurship sebagai metode bimbingan karir di TK Bintang Madani Arcamanik Bandung. Ketiga untuk mengetahui pengaruh program entrepreneurship terhadap perkembangan karir anak di TK Bintang Madani Arcamanik Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun jenis data yang digunakan yakni data primer dan skunder. Sedangkan tekhnik yang diambil dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berpijak pada teori model pendekatan bimbingan karir komprehensif yang dikemukakan oleh Gysbers (1920), yang menyatakan bahwa model bimbingan karir untuk anak usia dini lebih difokuskan pada kesadaran karir dan kesadaran diri. Salah satu tujuannya untuk membantu anak mengenal macam-macam dan ciri-ciri jenis pekerjaan yang ada disekitar lingkungannya. Kemudian ditegaskan kembali dalam teori yang dikemukakan oleh Ginzberg mengenai perkembangan karir anak. Menurutnya pada tahap fantasi, cita-cita anak akan sesuai dengan jenis-jenis karir yang yang ada di lingkungan sekitarnya. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukan bahwa Program entrepreneurship yang dilaksanakan di TK Bintang Madani memberikan banyak dampak positif terhadap perkembangan karir anak. Melalui kegiatan cooking class, pameran, serta market day, anak jadi memiliki cita-cita yang bervariasi, dapat mengetahui, membedakan dan menggunakan uang, dapat mengenal masakan halal, sehat dan bergizi, serta memiliki jiwa entrepreneur. Seperti keberanian atau percaya diri, komunikatif, pintar berinteraksi atau bersosialisai, jujur, kreatif, mandiri, sabar, tanggung jawab, serta kerja keras. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian, maka program entrepreneurship efektif untuk digunakan sebagai metode bimbingan karir bagi anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Entrepreneurship; Karir; Usia Dini;
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurs
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:51
Last Modified: 15 Oct 2019 03:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25445

Actions (login required)

View Item View Item