Karakter Yahudi dalam Alquran: Sebuah kajian tafsir Maudhu'i

Herdyansyah, Fajar (2018) Karakter Yahudi dalam Alquran: Sebuah kajian tafsir Maudhu'i. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Dalam masyarakat umum, khususnya Muslim istilah Yahudi selalu lekat dengan stigma negatif di benak masing-masing. Tentang invansi militernya ke daerah Palestina dengan menghalalkan segala cara, termasuk membunuh perempuan, anak-anak dan orang yang sudah tua. Selain itu agama Yahudi juga selalu dikaitkan dengan Bani Israil, yang merupakan bangsa pembentuk agama Yahudi hingga agama tersebut bisa hadir ditengah-tengah dunia saat ini dengan berbagai Karakter yang lahir dari watak orang Yahudi. Berdasarkan dari uraian yang telah dipaparkan bahwa didalam penjelasan Alquran tentang karakter Yahudi tidak dipaparkan secara rinci dan hanya mengambil garis besarnya saja, pokok permasalahannya yaiti mengenai karakter Yahudi dalam Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter Yahudi dalam Alquran. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa Bangsa Yahudi adalah bangsa yang pertama kali kafir kepada Nabi Muhamad Sallalahu’alahi Wasalam, Agama Yahudi sebagai agama Samawi, merupakan salah satu agama yang terbesar di Dunia. Agama ini berpusat di daerah Israel (Palestina). Dalam bahasa Inggris, orang Yahudi disebut Jews dan pemeluknya disebut Judaism. Agama ini adalah salah satu agama Samawi yang di klaim sebagai agama tertua di dunia dan berasal dari Nabi Ibrahim AS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan pendekatan pada tafsir Maudhu’i dengan sumber data primer yang diambil dari ayat-ayat al-Qur’an. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka kemudian data tersebut dianalisis dengan pendekatan tematik. Penelitian ini tersusun dari empat bab, yakni bab I Pendahuluan yang Terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, kerangka pemikiran, metode penelitian, sistematika prnulisan. Bab II Tinjauan Teori, Bab III Pembahasan, Bab IV Penutup yang terdiri dari Kesimpulan dan Saran. Banyak sekali kisah bangsa Yahudi dalam Alquran, baik dari segi sejarah, kehidupan, sifat, watak, dan karakter. Menurut Syaikh Mustafa Al-Maraghi di dalam Alquran telah disebutkan ada 76 Karakter Yahudi. Dari 76 Karakter Yahudi diatas, dapat penulis simpulkan menjadi 16 tema yaitu Ingkar, Dzhalim, Munafiq, Menentang Nabi Allah, Suka Bertengkar, Cinta Dunia, Ingkar janji, Syirik, Dengki terhadap Islam, tidak menyukai Agama lain, Terlaknat, Fanatisme, mencampur Hak dan Bathil, tertutup hatinya, Penakut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Karakter Yahudi; Alquran; kajian tafsir Maudhu'i;
Subjects: Religious Mythology > Interreligious Relations
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Islam tentang Agama dan Aliran Lain, Hubungan Islam dengan Agama dan Aliran Lain
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Fajar Herdyansyah
Date Deposited: 14 Oct 2019 06:44
Last Modified: 14 Oct 2019 06:44
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25455

Actions (login required)

View Item View Item