Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017

Fadilah, Rizka Rizliani (2019) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Dividen merupskan nilai pendapatan bersih perusahaan setelah pajak dikurangi dengan laba ditahan yang digunakan sebagai cadangan perusahaan. Dividend payout ratio adalah suatu keputusan untuk menentukan seberapa besar bagian dari pendapatan perusahaan yang akan dibagikan kepaada para pemegang saham dan yang akan diinvestasikan kembali (reinvestment) atau ditahan (retained) di dalam perusahaan. Dalam menentukan besarnya dividen yang dibagikan, pemegang saham dapat melihat dari kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Dividen Payout Ratio yang mana variabel independennya adalah Current ratio dan Debt to equity ratio. Current Ratio adalah rasio yang biasa digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan memenuhi liabilitas jangka pendek (short run solvency) yang akan jatuh tempo dalam waktu satu tahun. Debt to equity ratio adalah rasio untuk mengukur jumlah utang atau dana dari luar perusahaan terhadap modal sendiri (shareholder equity). Sedangkan variabel dependennya adalah Dividen payout ratio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017 baik secara parsial ataupun secara simultan. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif pendekatan kuantitatif yang mengguanakan data historis yaitu menggunakan data crossectional yaitu data banyak perusahaan dengan 12 perusahaan dengan analisis statistik yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji korelasi, analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Current Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, hal ini terlihat pada nilai t hitung > t tabel (4,898 > 2,228) dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (2) Debt to Equity ratio tidak berpengaruh dan tidak signifikansi terhadap Dividend Payout ratio, hal ini terlihat pada nilai t hitung < t tabel (-0,568 < 2,228) dengan nilai signifikansi 0,584 > 0,05. (3) secara simultan Current Ratio, Debt to Equity berpengaruh signifikan terhadap dividen payout ratio dilihat dari nilai F hitung > F tabel (12,995 > 4,26) dengan signifikansi Prob (F-Statistic) 0,002 < 0,05. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R-square) hasil regresi Sektor Property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebesar 0,743. Hal ini menunjukan bahwa variabel-variabel independen yang diteliti dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 74,3% sedangkan 25,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti atau tidak masuk dalam model regresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Equity Ratio; Dividen Payout Ratio
Subjects: Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rizka Fadilah
Date Deposited: 15 Oct 2019 06:07
Last Modified: 15 Oct 2019 06:07
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25498

Actions (login required)

View Item View Item