Tanggapan siswa terhadap metode Inquiry dalam pembelajaran pendidikan agama Islam materi hukum Nun mati dan Tanwin hubungannya dengan aktivitas belajar mereka

Susanti, Dea (2016) Tanggapan siswa terhadap metode Inquiry dalam pembelajaran pendidikan agama Islam materi hukum Nun mati dan Tanwin hubungannya dengan aktivitas belajar mereka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II JADI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III JADI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di kelas VII di SMPN 1Ibun diperoleh informasi bahwa pada pembelajaran PAI terdapat dua fenomena, pada satu sisi penerapan metode pembelajaran inquiry mendapatkan tanggapan positif dari siswa hal ini terlihat ketika pembelajaran berlangsung sebagian siswa terlihat antusias, tetapi ada beberapa siswa ada yang kurang aktif dalam belajar.; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pertama realitas tanggapan siswa terhadap metode inquiry, kedua realitas aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI pokok pembahasan nun mati dan tanwin, dan ketiga untuk mengetahui hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode inquiry hubungannya dengan aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok pembahasan hukum nun mati dan tanwin. Diasumsikan bahwa tanggapan siswa dalam mengikuti metode inquiry dalam pembelajaran pendidikan agama islam materi hukum nun mati dan tanwin memiliki keterkaitan terhadap aktivitas belajar. Hipotesisnya adalah semakin baik tanggapan siswa terhadap metode inquiry, semakin tinggi pula aktivitas siswa pada mata pelajaran PAI pokok bahasan hukum nun mati dan tanwin. Sampelnya terdiri dari 48 orang siswa kelas VII di SMPN 1 Ibun dengan penggunaan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.analisis hubungan antara variabel X dan variabel Y ditempuh dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan logika untuk menganalisis data yang bersifat kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Adapun penghitungan statistik ini akan ditempuh melalui dua cara yaitu secara parsial dan korelasional. Hasil perhitungan dan pengolahan data dapat disimpulkan bahwa: pertama: realitas tanggapan siswa dalam penerapan metode inquiry termasuk kategori baik dengan nilai 3,87 yang berada pada interval 3,5-4,5. Kedua, realitas aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI pokok pembahasan nun mati dan tanwin termasuk pada kategori sedang dengan nilai 3,42., yang berada pada interval 2,7–3,5 dan ketiga hubungan tanggapan siswa terhadap penerapan metode inquiry dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI pokok pembahasan nun mati dan tanwin koefisien korelasinya termasuk pada kualifikasi kuat dengan skor 0,80 . Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan product moment diperoleh t hitung 9,03>t tabel 1,41 maka hipotesisnya diterima artinya terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok pembahasan nun mati dan tanwin, (c) pengaruh variabel X terhadap variabel Y 40%, sedangkan 60P% lagi aktivitas belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inquiry; Hukum; Nun Mati; Tanwin; Aktivitas Belajar;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:46
Last Modified: 15 Oct 2019 03:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25502

Actions (login required)

View Item View Item