Etika periklanan oleh pelaku usaha dalam hukum ekonomi syariah dan uu Ri nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen

Khairani, Dian (2019) Etika periklanan oleh pelaku usaha dalam hukum ekonomi syariah dan uu Ri nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Periklanan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia bisnis, dan selalu mendapatkan perhatian dari masyarakat luas. Akan tetapi muncul kekhawatiran bahwa iklan yang setiap saat bertebaran di dalam masyarakat melalui media massa kebanyakan mengabaikan nilai-nilai etika yang ada. Dari segi moral, iklan saat ini tidak mempunyai nilai-nilai informatif, karena semata-mata hanya demi keuntungan para pelaku usaha saja. Tesis ini membahas tentang etika periklanan oleh pelaku usaha. Untuk mengetahui bagaimana orang seharusnya bertindak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek etika periklanan di media massa, bagaimana etika pelaku usaha tersebut menurut Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen dan hukum ekonomi syariah, dan bagaimana penerapan sanksi hukum terhadap iklan-iklan yang menyesatkan bagi konsumen. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian normatif. Dan juga tesis bisa dikatakan sebagai library research atau penelitian kepustakaan. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan yuridis normatif. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan undang-undang (statute approach) dan pendekatan konsep (conceptual approach). Bahan hukum yang dipakai adalah bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Dan juga metode analisis data yang dipakai adalah content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa periklanan di media massa Indonesia yang menurut fungsinya sebagai alat komunikasi antara pelaku usaha untuk menyampaikan pesan-pesan khasnya berupa informasi persuasif seputar barang dan/atau jasa yang ditawarkan, namun dalam kenyataannya tidak sedikit iklan tersebut justru menyesatkan konsumen atau masyarakat. Iklan yang disiarkan melalui media massa tersebut bersifat pemberian informasi yang tidak benar atau bohong untuk memperoleh keuntungan yang mana hal tersebut bertentangan dengan undang-undang dan etika periklanan serta hukum ekonomi syariah. Dan etika pelaku usaha dalam periklanan harus berdasarkan dengan aturan-aturan yang sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 1999 dan Hukum Ekonomi Syariah harus. Yang mana mempunyai prinsip keadilan, kejujuran. Karena semua bentuk transaksi yang mengandung ketidakjujuran atau kecurangan adalah terlarang. Dan mengenai sanksi, bahwasanya dalam UUPK bagi pelaku usaha yang melakukan penipuan, ketidakjujuran mengenai kondisi dan jaminan barang atau jasa serta tanpa memberi penjelasan penggunaan akan dikenakan sanksi pidana pokok, yaitu sanksi administratif dan sanksi tambahan, tergantung berat dan ringannya pelanggaran. Dan dalam Hukum Ekonomi Syariah sanksi yang diterapkan ada berupa diyat dan kebijaksanaan dari pemerintah (ta’zir) tergantung kerugian yang dialami oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Etika;pelaku usaha;perlindungan konsumen
Subjects: Ethics, Moral Philosophy
Ethics, Moral Philosophy > Normative Ethics
Occupational Ethics > Business Ethics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Dian Khairani
Date Deposited: 16 Oct 2019 04:38
Last Modified: 16 Oct 2019 04:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25522

Actions (login required)

View Item View Item