Pola komunikasi keluarga sakinah: Studi fenomenologi terhadap pemenang pemilihan keluarga sakinah teladan tingkat Kota Bandung Tahun 2015

Praniti, Sri Rastita (2019) Pola komunikasi keluarga sakinah: Studi fenomenologi terhadap pemenang pemilihan keluarga sakinah teladan tingkat Kota Bandung Tahun 2015. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi komunikasi keluarga dalam terciptanya keluarga yang sakinah, mawaddah warohmah. Melalui program pemilihan keluarga sakinah teladan, kementrian agama berupaya mewujudkan keluarga sakinah dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, program pemilihan keluarga sakinah teladan dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui bagaimana para pasangan pemenang keluarga tersebut berupaya untuk bisa mempertahankan keharmonisan rumah tangganya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan pola komunikasi dalam keluarga pemenang pemilihan keluarga sakinah teladan tingkat kota Bandung tahun 2015 serta kendala-kendala yang dihadapi dan upaya mengatasi kendala komunikasi dalam dalam keluarga pemenang pemilihan keluarga sakinah teladan tingkat kota Bandung tahun 2015. Penelitian ini bertitik tolak pada pendapat Morisson sebagaimana dikutip oleh Fitzpatrick dan rekan, komunikasi keluarga tidaklah bersifat acak (random), tetapi sangat terpola berdasarkan atas skema-skema tertentu yang menentukan bagaimana anggota keluarga berkomunikasi satu dengan lainnya. Selanjutnya, Al-Jurjani berpendapat bahwa sakinah adalah adanya ketentraman dalam hati pada saat datangnya sesuatu yang tidak diduga, dibarengi satu nur (cahaya) dalam hati yang memberi ketenangan dan ketentraman pada yang menyaksikannya dan merupakan keyakinan berdasarkan penglihatan. Secara umum, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan dan metode fenomenologi terhadap objek penelitian dengan menggunakan jenis, sumber dan analisis data penelitian. Adapun untuk memperoleh data, dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di lapangan, diperoleh data yang menunjukan bahwa pembentukan pola komunkasi keluarga dibentuk dengan relasi komunikasi berpola bintang, menjalankan komunikasi dalam menjaga keharmonisan dengan saling membantu, menghargai, percaya dan meluangkan waktu bersama keluarga. Serta komunikasi yang terbuka namun agama yang utama dalam menentukan pendidikan anak. Kemudian kendala komunikasi yang dihadapi meliputi perbedaan pola pikir dan salah paham antar anggota keluarga baik antara suami istri maupun orangtua dan anak. Adapun upaya menghadapi kendala komunikasi yaitu dengan sabar, musyawarah, memberi nasihat yang baik, dan doa. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi keluarga sakinah dibentuk dengan relasi komunikasi yang terbuka, mengutamakan keluarga dan berlandaskan agama serta melakukan komunikasi empati dan persuasi dalam mengatasi berbagai kendala komunikasi dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pola;komunikasi;keluarga
Subjects: Ethics of Family Relationships
Islam
Islam > Islam and Social Sciences
Islam > Marriage and Family Life
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Sri Rastita Praniti
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:49
Last Modified: 15 Oct 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25526

Actions (login required)

View Item View Item