Hubungan antara Husnuzzan dengan konsep diri: Studi korelasi pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2015

Rakhmadini, Anisa Rafi (2019) Hubungan antara Husnuzzan dengan konsep diri: Studi korelasi pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Seorang dengan konsep diri negatif lebih memungkinkan mengalami depresi, kecemasan, dan memiliki kecendurungan untuk melakukan percobaan bunuh diri dibandingkan kelompok manusia yang menerima penampilan tubuh mereka apa adanya, bahkan jika dibandingkan dengan usia remaja, dewasa awal merupakan masa permulaan seseorang mulai ingin menjalani hubungan yang intim dengan lawan jenisnya, sehingga perempuan harus bersaing dengan kecantikannya untuk mendapatkan pasangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat ḥusnuẓẓan dan konsep diri mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2015, serta untuk mengetahui hubungan antara ḥusnuẓẓan dengan konsep diri pada mahasiswa Jurusan Tasawuf Psikoterapi Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2015. Seseorang yang berperilaku ḥusnuẓẓan terhadap Allah Swt., tentu akan senantiasa bertakwa di mana pun dan kapan pun berada, senantiasa bersyukur pada Allah Swt. ketika berada dalam situasi yang menyenangkan dan akan senantiasa bersabar bila berada dalam keadaan yang menyusahkan. Adapun konsep diri adalah gambaran diri tentang aspek fisiologis maupun psikologis yang berpengaruh pada perilaku individu dalam penyesuaian diri orang lain. Hipotesis satu terbukti benar, maka dikatakan H0 ditolak dan H1 diterima, yaitu terdapat hubungan antara ḥusnuẓẓan dengan konsep diri pada mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2015. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional yang menggunakan teknik analisis data statistik yang bertujuan untuk menguji hubungan antar kedua variable.Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.Dalam hal ini data kuantitatif yang diperlukan adalah: Jumlah mahasiswa, dan hasilangket. Berdasarkan hasil perhitungan, menunjukkan bahwa tidak terdapat ḥusnuẓẓan dalam kategori rendah, kategori sedang sebanyak 13 mahasiswa dengan hasil prosentase sebanyak 14,4%, kategori tinggi sebanyak 77 mahasiswa dengan hasil prosentase sebanyak 85,6%. Kemudian, tidak terdapat konsep diri mahasiswa dalam kategori rendah, kategori sedang sebanyak 42 mahasiswa dengan hasil prosentase sebanyak 46,7%, kategori tinggi sebanyak 48 mahasiswa dengan hasil prosentase sebanyak 53,3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ḥusnuẓẓan; Konsep Diri; Dewasa Awal
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Islam > Specific Moral Issues
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Anisa Rafi Rakhmadini
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:50
Last Modified: 17 Oct 2019 03:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25551

Actions (login required)

View Item View Item