Peran ikhlas terhadap psikologis kecemasan ibu hamil rentan usia 40-45 tahun: Studi kasus di Desa Purwadadi Timur Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang Jawa Barat

Siami, Aam Siti (2019) Peran ikhlas terhadap psikologis kecemasan ibu hamil rentan usia 40-45 tahun: Studi kasus di Desa Purwadadi Timur Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abtrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_babI.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy

Abstract

Kehamilan bagi seorang wanita tentunya menjadi kebahagiaan sekaligus kegelisahan, karena pada ibu hamil akan mengalami kecemasan. Perasaan takut mengenai hal-hal yang menimpa dirinya sendiri maupun pada bayi yang akan di lahirkan. Peristiwa hamil di usia tua 40-45 tahun tentunya bukan pengalaman pertama bagi seorang wanita. Meskipun di usia tersebut wanita telah siap menerima anak dan bertugas sebagai ibu, akan tetapi tidak semua wanita hamil di usia tua bisa ikhlas dan menerima kehamilannya, mengingat resiko hamil di usia tuayang menyebabkan kecemasan terjadi. Adapun salah satu solusi yang ditawarkan al-Qur’an dalam menjalani hidup adalah dengan sikap ikhlas.Sikap ikhlas perlu ditanamkan dalam diri manusia.karena ikhlas merupakan dimensi spiritual yang dibangun dari sebuah kepercayaan secara penuh terhadap Tuhan.Hamka dalam KitabTafsir Al-Azhar,mengatakan bahwa“ikhlas merupakan sesuatu yang berkaitan dengan mementingkan amal, tidak perlu saling menyalahkan berbantah karena hal itu hanya membuat amal jadi tidak ada artinya. Ikhlas itu bersih yang hanya berharap keridho’an Allah, tidak tercampur dengan yang lainnya.Karena kepercayaan atas ikhlas kepada Allah tidak bercabang hanya untuk Allah semata”.Dengan ikhlasakan berdampak pada perbaikan ibadahnya. Dan ikhlas mampu menjadikan pribadi yang sehat secara jasmani maupun ruhani dengan segala kecukupan yang di miliki.Maka dengan demikian peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai peran ikhlas terhadap psikologis kecemasan ibu hamil di rentan usia 40-45 tahun penelitian Di Desa Purwadadi Timur Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kecemasan psikologis ibu hamil rentan usia 40-45 tahun dan peran ikhlas terhadap psikologis kecemasan ibu hamil rentan usia 40-45 tahun. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Penelitian ini melibatkan tiga ibu hamil yang berusia 40-45 tahun yang sesuai dengan kriteria, penelitian di desa Purwadadi Timur Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Adapun teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa gambaran kecemasan pada ibu hamil meliputi perasaan takut, was, was, dan khawatir mengenai kesehetan dirinya maupun kesehatan pada bayi yang dikandungnya. Perasaan takut mati, trauma kelahiran, perasaan bersalah dan ketakutan riil. Disinilah pentingnya peran ikhlas bagi ibu hamil dengan mempercayakan secara penuh terhadap ketentuan dan takdir Allah, ikhlas juga dapat diaplikasikan dengan ibadah harian dan mendekatkan diri pada Allah, serta menanamkan nilai-nilai ikhlas, dengan ikhlas akan menumbuhkan sikap rela dan menerima dengan kondisi apapun yang dihadapi, terutama pada ibu hamil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ikhlas; Kecemasan; Psikologis ibu hamil;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Stress
Social Theology and Interreligious Relations and Attitudes
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Aam Siti Siami
Date Deposited: 17 Oct 2019 04:01
Last Modified: 17 Oct 2019 04:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25552

Actions (login required)

View Item View Item