Efektivitas program Keluarga Harapan dalam memberdayakan masyarakat miskin: Studi di Desa Singajaya Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat

Gustian, Krisna (2019) Efektivitas program Keluarga Harapan dalam memberdayakan masyarakat miskin: Studi di Desa Singajaya Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy

Abstract

Program Keluarga Harapan bertujuan memberikan bantuan atau solusi untuk memberdayakan masyarakat miskin menekankan prihal pendidikan dan juga kesehatan. Oleh karena itu untuk meningkatan Pelaksanaan Program Keluarga Harapan, setiap desa-desa maupun kecamatan dapat memaksimalkan program ini, termasuk Desa Singajaya Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Desa Singajaya dapat memaksimalkan program ini untuk potensi perubahan di ruang lingkup masyarakat desa, dalam memberdayakan miskin melalui pelaksanaan Program Keluarga Harapan ini. Tujuan Penelitian ini untuk menggambarkan bagaimana proses penanggulangan kemiskinan melalui Program Keluarga Harapan, Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Singajaya Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Dan juga untuk mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan Perogram Keluarga Harapan di Desa ini. Penelitian ini berdasarkan teori Efektivitas Duncan dan Steers (1985: 53), yaitu pencapaian tujuan (proses yang merupakan bagian puncak dari usaha keseluruhan suatu program), integrasi (pengukuran terhadap tingkat kemampuan suatu organisasi untuk mengadakan sosialisasi, pengembangan konsesus, dan komunikasi), adaptasi (penyesuaian diri yang dilakukan untuk menyelaraskan suatu individu terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini berjumlah 4 orang dan yang menjadi informan utama berjumlah 8 orang. Selain itu, pengumpulan data dilakukan dengan beberapa referensi buku dengan tema penelitian untuk mendukung data sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Desa Singajaya Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat, telah berjalan dengan cukup baik. Serta faktor penunjang dan penghambat dapat dilihat dari setiap tahapan proses implementasinya yang berjalan dengan lancar, dengan sedikit kekurangan-kekurangan yang terjadi, dan tujuan serta sasaran Program Keluarga Harapan ini pun sudah mulai tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Program Keluarga Harapan; Pemberdayakan; Masyarakat Miskin
Subjects: Administration of Economy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Krisna Gustian
Date Deposited: 16 Oct 2019 03:24
Last Modified: 16 Oct 2019 03:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25557

Actions (login required)

View Item View Item