Analisis yuridis terhadap dakwaan pada putusan No. 780/Pid.B/2015/PN. Bdg dihubungkan dengan Pasal 2 Ayat (1) Undang-undang No. 21 Tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang

Irmalasari, Decy Unaesih (2016) Analisis yuridis terhadap dakwaan pada putusan No. 780/Pid.B/2015/PN. Bdg dihubungkan dengan Pasal 2 Ayat (1) Undang-undang No. 21 Tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)

Abstract

Perdagangan orang (trafficking) telah lama terjadi dimuka bumi ini dan merupakan tindakan yang bertentangan dengan harkat dan martabat manusia. Hal ini merupakan pelanggaran terhadap hak azasi manusia, harkat dan martabat manusia yang dilindungi berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Salah satunya terungkap dari Putusan Pengadilan Negeri Bandung No.780/Pid.B/2015/PN. Bdg Tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana pertimbangan hukum hakim dalam putusan Pengadilan Negeri Bandung Registrasi No.780/Pid.B/2015/PN.Bdg, dan untuk mengetahui analisis dakwaan jaksa pada putusan Pengadilan Negeri Bandung Registrasi No.780/Pid.B/2015/PN.Bdg. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis yaitu Penelitian ini menggunakan metode deskristif analisis yaitu penelitian yang disamping memberikan gambaran, menuliskan, dan melaporkan suatu obyek atau suatu peristiwa juga akan mengambil kesimpulan umum dari masalah yang dibahas. Dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif yaitu pendekatan yang menggunakan konsep legis positivis yang menyatakan bahwa hukum adalah identik dengan norma-norma tertulis yang dibuat dan diundangkan oleh lembaga-lembaga atau pejabat yang berwenang. Selain itu konsep ini juga memandang hukum sebagai system normatif yang bersifat otonom, tertutup dan terlepas dari kehidupan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Pertimbangan hukum hakim dalam putusan Pengadilan Negeri Bandung Registrasi No. 780/Pid.B/2015/PN. Bdg, lebih mempertimbangkan kepada Pasal 296 KUHP, yang lebih meringankan kepada Terdakwa, tidak menerapkan asas lex spesialis derogate legi generalis, yang seharusnya terdakwa di pertimbangkan untuk di jatuhi hukuman Pasal 2 Ayat (1) Undang-Undang No. 21 Tahun 2007 Tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang. 3. Analisis dakwaan jaksa pada putusan Pengadilan Negeri Bandung Registrasi No.780/Pid.B/2015/PN.Bdg, adalah sebagai dakwaan yang alternatif, seharusnya dakwaan ke-1, di periksa dan di buktikan lebih dahulu oleh Jaksa Penuntut Umum di persidangan, ketika tidak terbukti baru pemeriksaan dan pembuktian pada dakwaan ke-2, dan pada amar putusannya, seharusnya hakim menjatuhkan putusan yang amarnya; menyatakan membebaskan terdakwa dari dakwaan ke-1, dan menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan dalam dakwaan ke-2 dan menjatuhkan pidana selama 4 (empat) bulan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analis yuridis; perdagangan orang;
Subjects: Law > Legal Systems
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 16 Oct 2019 03:59
Last Modified: 16 Oct 2019 03:59
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25598

Actions (login required)

View Item View Item