Web series sebagai media dakwah: Analisis semiotika Roland Barthes dalam web series Ramadhan terakhir episode 1-4 tahun 2018

Jannah, Syarah Nurathari (2019) Web series sebagai media dakwah: Analisis semiotika Roland Barthes dalam web series Ramadhan terakhir episode 1-4 tahun 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi informasi yang sangat cepat, membuat manusia harus bisa menyesuaikan setiap pola aktivitasnya. Kemunculan internet sebagai era informasi telah berdampak pada tatanan kehidupan sehari-hari, termasuk pada penggunaan media dakwah. Web series merupakan tayangan berseri yang menggunakan internet sebagai mediumnya tepatnya melalui akun youtube. Saat ini, web series telah menjadi bagian dari media dakwah dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penanda dan petanda pesan dakwah, makna denotasi dan konotasi pesan dakwah, dan mengetahui makna baru dari dakwah Islam dalam web series Ramadhan Terkahir episode 1-4 tahun 2018. Manfaat dari penelitian ini diharapakan dapat menambah pengetahuan ilmu dakwah di Fakultas Dakwah dan Komunikasi terkhusus untuk jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam dalam bidang i’lam. Penelitian ini menggunakan teori analisis semiotika Roland Barthes. Teori semiotika ini merupakan suatu ilmu untuk mengkaji dan mempelajari tanda. Film merupakan kajian yang relevan bagi analisis semiotika, karena film dibangun semata-mata oleh tanda. Premis dasarnya adalah analisis semiotik berupaya menemukan makna tanda, termasuk hal-hal yang tersembunyi dibalik sebuah tanda. Penulis menggunakan metode kualitatif untuk mengidentifikasi pesan-pesan dakwah secara mendalam dan komprehensif. Sumber data diperoleh melalui metode observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Pada model ini, Roland Barthes menekankan temuan pada beberapa tingkatan, yakni penanda dan petanda, juga denotasi dan konotasi. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ditemukan bahwa, web series Ramadhan Terkahir episode 1-4 tahun 2018 yang di produksi oleh Line Indonesia, merupakan inovasi dari media dakwah yang memuat banyak pesan-pesan dakwah diantaranya pesan tentang akhlak seperti tolong menolong terhadap sesama dan pesan aqidah seperti anjuran untuk tawakal kepada Allah dalam menghadapi setiap peristiwa yang terjadi. Selain itu, makna baru dari dakwah Islam yang terkandung dalam web series ini adalah bahwa dakwah bukan sekedar mengajak dan menyampaikan, namun aktivitas dakwah juga harus mampu memfasilitasi objek dakwah dalam berbuat kebaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Web Series; Media; Dakwah;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Syarah Nurathari
Date Deposited: 31 Oct 2019 03:15
Last Modified: 31 Oct 2019 03:15
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25607

Actions (login required)

View Item View Item