Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) amanah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Cibalong: Studi deskriptif di Desa Cibalong Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya

Wildani, Annisa (2019) Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) amanah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Cibalong: Studi deskriptif di Desa Cibalong Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Ekonomi merupakan roda kehidupan manusia sebagai wadah dalam memenuhi kebutuhan materi manusia. Pertumbuhan ekonomi di masyarakat pedesaan termasuk rendah. Hal ini disebabkan oleh kondisi masyarakat desa yang lemah dan mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai buruh tani dan banyak juga yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Oleh karena itu, diadakan pendekatan baru yang mampu menstimulus dan menggerakan roda perekonomian di masyarakat pedesaan melalui pendirian lembaga pemberdayaan ekonomi. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga pemberdayaan ekonomi desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dalam memperkuat ekonomi masyarakat berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh BUMDes Amanah. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripiskan perencanaan dari program pemberdayaan yang dilakukan oleh BUMDes Amanah, mengetahui produk-produk pemberdayaan ekonomi yang diharapkan oleh masyarakat, dan menganalisis output dari pemberdayaan BUMDes Amanah terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat. Teori yang digunakan adalah teori pemberdayaan yang diperkenalkan oleh Edi Suharto bahwa pemberdayaan merujuk pada kemampuan orang, khususnya kelompok yang rentan dan lemah sehingga mereka memiliki kekuatan atau kemampuan. Dalam pemberdayaan ekonomi yang menjadi hakikatnya yaitu perlu dilakukan berbagai pendekatan. Penerapan pendekatan pemberdayaan dapat dilakukan melalui 5P yaitu pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer yang diperoleh merupakan hasil penelitian di lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, dokumen, dan jurnal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui cara observasi dan wawancara kepada pihak terkait. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa BUMDes Amanah mempunyai peran dalam mewujudkan masyarakat desa yang berdaya, mandiri, dan sejahtera. Masyarakat desa merasakan keringanan harga bahan pokok, memperoleh modal usaha, mendapatkan pelatihan wirausaha, dan mendapatkan pelayanan baik. Dengan adanya pemberian modal usaha, maka penghasilan masyarakat desa meningkat rata-rata 40% s.d. 50%, yaitu dari Rp500.000/bulan menjadi Rp1.000.000/bulan. Mengacu pada data tersebut, dapat disimpulkan bahwa ekonomi masyarakat melalui program BUMDes meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi; Masyarakat Desa; Badan Usaha Milik Desa (BUMDes);
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Annisa Wildani Nisa
Date Deposited: 17 Oct 2019 01:01
Last Modified: 17 Oct 2019 01:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25620

Actions (login required)

View Item View Item