Pengelolaan model akselerasi di SD Ar-Rafi’ Bandung

Hidayat, Rizky Ramadhan (2018) Pengelolaan model akselerasi di SD Ar-Rafi’ Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)

Abstract

Selama ini pendidikan di Indonesia kurang memperhatikan pendidikan bagi anak-anak atau siswa yang berbakat intelektual, sistem kelas klasikal yang selama ini berlaku mencampurkan siswa yang memiliki potensi yang berbeda-beda sehingga bagi siswa yang memiliki bakat intelektual menjadi tidak berkembang. Indonesia memiliki sekitar 1,3 juta anak usia sekolah yang berpotensi Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa (CIBI) atau kerap disebut ‘gifted-talented’. Sayangnya, baru 9.500 (0,7%) anak yang sudah mendapat layanan khusus dalam bentuk program akselerasi/percepatan. Salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung yang telah menyelenggarakan program akselerasi adalah SD Ar-Rafi’. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengelolaan model akselerasi di SD Ar-Rafi’ Bandung. Adapun secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program kegiatan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, faktor pendukung dan penghambat serta cara untuk memperkuat dukungan dan mengatasi hambatan terhadap kegiatan program akselerasi di SD Ar-Rafi’ Bandung. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data primer adalah kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum, sumber data sekunder berasal dari dokumentasi dan arsip pendukung yang berkaitan dengan peelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis desktiptif kualitatif, yaitu analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan setelah diteliti menunjukkan bahwa pengelolaan model akselerasi di SD Ar-Rafi’ Bandung sudah cukup baik dalam arti semua kegiatan program akselerasi mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi sudah dilaksanakan dengan cukup baik, indikatornya dapat dilihat dari peningkatan jumlah peserta didik dari tahun ke tahun, peningkatan prestasi peserta didik baik dari segi akademik maupun non akademik, dan selalu melakukan perbaikan dan pembaharuan dalam program akselerasi dari tahun ke tahun. Secara garis besar, faktor yang mempengaruhi pengelolaan program akselerasi yaitu: Pertama, faktor pendukung yaitu modal manusia yang professional, modal kepemimpinan yang bagus, dan modal sarana prasarana yang memadai. Adapun cara untuk memperkuat dukungan yaitu dengan memperkuat kapasitas manajemen sekolah, memperkuat sumber daya manusia, memperkuat kepemimpinan, dan perbaikan yang berkesinambungan, Kedua, faktor penghambat yaitu belum ada tim khusus yang menangani langsung program akselerasi serta belum ada guru khusus program akselerasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan model akselerasi
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 16 Oct 2019 07:49
Last Modified: 16 Oct 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25621

Actions (login required)

View Item View Item