Pemahaman Citizen Journalism tentang jurnalistik modern: Studi fenomenologi pada Citizen Journalism di fanpage media sosial radio 107.5 PRFM di kota Bandung

Maulana, Irsyad (2019) Pemahaman Citizen Journalism tentang jurnalistik modern: Studi fenomenologi pada Citizen Journalism di fanpage media sosial radio 107.5 PRFM di kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena kegiatan citizen journalism di media sosial pada era modern sekarang ini semakin jauh berkembang, khususnya pada media sosial seperti Radio 107,5 PRFM salah satu media sosial Radio yang mempunyai wadah bagi kegiatan citizen journalism. Kalangan media sosial kian marak menyediakan sebuah ruang dan fasilitas untuk mengekspresikan berita atau karya mereka. Fenomena yang melanda era modern seperti sekarang ini dalam teknologi informasi dapat dirasakan secara kasat mata. Sehingga keberadaanya seolah menjembatani khalayak umum untuk menyerukan pendapat atau kritikan. Keberadaanya berkembang sangat pesat dan sangat menyita perhatian lebih dari pengakses media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan citizen journalism pada media sosial pada era modern sekarang ini? Secara khususnya memiliki tujuan untuk mengetahui kegiatan citizen journalism di media sosial Radio 107,5 PRFM berdasarkan pengalaman, motif dan makna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, alasan peneliti menggunakan kualitatif adalah karena jenis peneltian ini berlandaskan pemahaman akan realitas sosial berdasarkan konteksnya dan menganggap realitas sosial sebagai proses dan merupakan produk dari kontruksi sosial dengan menggunakan paradigma kontruktivistik, dan menggunakan metode fenomenologi , yakni mengetahui dunia dari sudut pandang orang yang mengalami secara langsung yang berkaitan dengan sifat-sifat alami dari pengalaman manusia dan makna yang ada pada dirinya. Penelitian dilakukan pada 6 citizen journalism Radio 107,5 PRFM yang berada di kota Bandung. Hasil dari penelitian citizen journalism pada media sosial Radio 107,5 yang dilatar belakangi oleh pengalaman serta pengetahuannya, dapat disimpulkan bahwa fenomena kegiatan citizen journalism sebagai sarana pengalaman, kegiatan citizen journalism cenderung membuat berita, artikel dan opini. Berdasarkan motif disimpulkan bahwa fenomena kegiatan citizen journalism, yaitu kegiatan citizen journalism sebagai sarana menyalurkan informasi dan menyampaikan opini dan kegiatan citizen journalism sebagai sarana bebas berpendapat dan kegiatan citizen journalism sebagai bentuk menambah relasi. Sedangkan makna disimpulkan bahwa pemikiran informan terhadap fenomena kegiatan citizen journalism yaitu fasilitas adalah akses untuk mengasah kemampuan dan fasilitas adalah akses gerbang utama dalam kegiatan citizen journalism.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman;Citizen Journalism;Jurnalistik Modern.
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Political dan Government Science > Socialism
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Irsyad Irsyad Irsyad
Date Deposited: 17 Oct 2019 04:07
Last Modified: 17 Oct 2019 04:07
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25675

Actions (login required)

View Item View Item