Pemberdayaan masyarakat berbasis program Comporate Social Responsibility (CSR) PT. Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI): Studi deskriptif RW 02 Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumemdang

Nuraeni, Isna Siti (2019) Pemberdayaan masyarakat berbasis program Comporate Social Responsibility (CSR) PT. Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI): Studi deskriptif RW 02 Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumemdang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan sosial dapat dipecahkan diantaranya dengan kebijakan sosial. Pemberdayaan masyarakat dan CSR (Comporate Social Responsibility). CSR dilakukan dengan stakeholders perusahaan. Perusahaan PT. Coca-Cola Amatil Indonesia adalah pabrik minuman botol dan memiliki beberapa cabang perusahaan. Untuk mewujudkan rasa kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar PT.Coca-Cola Amatil Indonesia membuat beberapa program yang diimplementasikan CSR guna untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui keuntungan yang didapatkan oleh PT Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat berbasis CSR. Kemudian untuk mengetahui tingkat kepedulian PT Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) terhadap masyarakat sekitar perusahaan. Dan untuk mengetahui manfaat program CSR PT Amatil Coca-Cola Indonesia (CCAI) terhadap lingkungan hidup di sekitar perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Analisa dalam penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengankontek pengembangan masyarakat Islam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori triple bottom lines, yaitu 3P : Profit. Perusahaan tetap harus berorientasi untuk mencari keuntungan ekonomi yang memungkinkan untuk terus beroprasi dan berkembang. People Perusahaan harus memiliki kepedulian terhadap kesejahteraan manusia. Dan Plannet. Perusahaan peduli terhadap lingkungan hidup dan berkelanjutan keragaman hayati (Edi Suharto, 2009: 107). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keuntungan yang didapat perusahaan yaitu keuntungan jangka pendek, dapat kenal dengan warga sekitar, jangka menengah semakin berkeluarga dengan masyarakat sekitar perusahaan, dan jangka panjang bisa menjalin silaturahmi yang berkepanjangan. Kemudian dilihat dari kepedulian perusahaan yaitu dalam perusahaan Coca-Cola jarang menunggu bola tapi menjemput bola. Di Coca-Cola ada yang disebut dengan sistem Zona, ketika perusahaan ini ada disebuah titik maka bagaimana perusahaan bisa memberikan manfaat pada masyarakat sekitar, maka itulah kita yang menjemput. Dan manfaatnya yaitu manfaat bagi perusahaan, meningkatkan penjualan produk serta mendapatkan citra positif dari masyarakat. Adapun manfaat yang dirasakan oleh masyarakat, dapat merasakan hasil dari program-program CSR serta dapat meningkatkat kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa program CSR Coca-Cola dapat meraih keuntungan, kepedulian, dan manfaat, serta memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Masyarakat; CSR;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology
Ethics of Social Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: isna siti nuraeni
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:21
Last Modified: 17 Oct 2019 02:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25683

Actions (login required)

View Item View Item