Perkembangan kelompok seni Wayang Golek Cepak Langgeng Kusuma di Kabupaten Cirebon pada tahun 1986-2017

Suherwan, Suherwan (2019) Perkembangan kelompok seni Wayang Golek Cepak Langgeng Kusuma di Kabupaten Cirebon pada tahun 1986-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy

Abstract

Kelompok Seni Wayang Golek Cepak Langgeng Kusuma di Kabupaten Cirebon sudah berdiri sejak tahun 1970 dengan nama awal Putra Alengkah yang kemudian di ganti nama tersebut menjadi Langgeng Kusuma atas saran dari Ibu Tien Soeharto pada saat Kelompok Seni ini tampil di Taman Ismail Marzuki di Jalan Cikini Raya Menteng Jakarta pada waktu itu, hal ini dibenarkan oleh Ki Dalang Amo Wijaya selaku Ketua Kelompok Seni Wayang Golek Cepak Langgeng Kusuma saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Sejarah dan Perkembangan Kelompok Seni Wayang Golek Cepak Langgeng Kusuma Pada Tahun 1986-2017. Banyak hal yang bernilai tinggi yang perlu diangkat ke permukaan. Penelitian ini mengarahkan lebih spesifik kepada Kelompok Seni Wayang Golek Cepak Langgeng Kusuma, perkembangan, serta nilai- nilai keislaman, nilai-nilai sejarah dalam setiap penampilannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian sejarah dengan empat tahapan yaitu Heuristik (mengumpulkan sumber-sumber) baik dengan observasi. Wawancara dan dokumentasi. Kritik (analisis sumber internal dan eksternal). Interpretasi (penafsiran) dan historiografi (penulisan sejarah). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Kelompok Seni Wayang Golek Cepak Langgeng Kusuma ini mengalami perkembangan, baik itu perubahan nama kelompok dari Putra Alengka menjadi Langgeng Kusuma. Selain itu kelompok seni ini mampu memberikan pemahaman nilai-nilai keislaman, kesejarahan dan yang lainya pada masyarakat di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Juga peran dari Instansi pemerintah, Museum, serta dari Keraton kepada Kelompok Seni Wayang Golek Cepak Langgeng Kusuma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan; Kelompok Seni Wayang Golek Cepak Langgeng Kusuma; nilai-nilai keislaman; nilai-nilai sejarah;
Subjects: Islam > Islamic History
Arts
History, Events
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Suherwan Suherwan
Date Deposited: 31 Oct 2019 03:40
Last Modified: 31 Oct 2019 07:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25725

Actions (login required)

View Item View Item