Strategi humas sekolah dalam meningkatkan citra positif lembaga: Studi kualitatif pada humas sekolah SMP Negeri 2 Karangtengah Cianjur jalan Baros Sukataris Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur

Irawan, Sani Tya (2019) Strategi humas sekolah dalam meningkatkan citra positif lembaga: Studi kualitatif pada humas sekolah SMP Negeri 2 Karangtengah Cianjur jalan Baros Sukataris Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy

Abstract

Humas dalam lembaga pedidikan merupakan sarana dalam membina hubungan baik dengan publiknya terutama dalam meningkatkan citra positif lembaga pendidikan dimata masyarakat sekitar dan humas pendidikan memiliki hubungan yang erat dalam mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien, SMP Negeri 2 Karangtengah memiliki bidang humas dalam menjalankan tugasnya untuk meningkatkan citra positif lembaga dengan melakukan berbagai strategi dalam menjalankan tugasnya untuk menyampaikan informasi secara benar dan professional, memberikan tanggapan pada suatu informasi yang dianggap dapat merugikan citra positif lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilaksanakan humas sekolah dalam meningkatkan citra positif lembaga yang dilakukan oleh humas sekolah SMP Negeri 2 Karangtengah. Penelitian ini menggunakan konsep SOSCTAC, yang terdiri dari (situation (dimana kita sekarang), objectives (kemana kita akan melangkah), strategi (bagaimana cara untuk mencapai tujuan), tactic perincian dari strategi), action (perincian dari taktik), dan control (pengukuran dan pengawasan)). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif deskriptif., karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang dilakukan oleh humas SMP Negeri 2 Karangtengah Kabupaten Cianjur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi humas sekolah dalam meningkatkan citra positif lembaga melalui tiga tahap, pertama, program humas sekolah dalam meningkatkan citra positif sekolah SMP Negeri 2 Karangtengah dengan menganalisis lingkungan baik itu lingkungan internal maupun eksternal Kedua, implementasi strategi humas SMP Negeri 2 Karangtengah dalam meningkatkan citra positif lembaga melalui strategi operasional strategi publikasi, ketiga, hasil yang dicapai dari usaha dan strategi humas SMP Negeri 2 Karangtengah, selain itu terdapatnya faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan strategi humas sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini dengan menjalankan strategi oleh bidang humas SMP Negeri 2 Karangtengah citra sekolah meningkat, hal ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah siswa setiap tahunnya, dan adanya respon positif dari masyarakat yang dibuktikan dengan antusiasme masyarakat terhadap sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sekolah; Strategi; Citra;
Subjects: Indonesia
Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Sani Irawan
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:51
Last Modified: 21 Oct 2019 03:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25768

Actions (login required)

View Item View Item