Pengaruh penempatan pada Bank Indonesia dan piutang qardh terhadap total aktiva pada PT. Bank Central Asia Syariah Tbk Periode 2015 – 2017

Firmansyah, Ade Alan (2019) Pengaruh penempatan pada Bank Indonesia dan piutang qardh terhadap total aktiva pada PT. Bank Central Asia Syariah Tbk Periode 2015 – 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Penempatan pada Bank Indonesia adalah suatu penempatan dana yang dilakukan oleh bank kepada Bank Indonesia, umumnya di Indonesia setiap bank harus menempatkan rekening giro pada Bank Indonesia yaitu aktiva, dimana bank umum menyiapkan sejumlah tertentu uang dan valuta asing. Qardh secara bahasa berarti qath’ (potongan), dimana harta diletakan kepada peminjam sebagai pinjaman, karena muqridh (pemberi pinjaman) memotong harta. aset secara sederhana adalah kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan. Semakin besar aset yang dimiliki bank menunjukan bahwa bank itu adalah bank yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Penempatan pada Bank Indonesia Terhadap Total Aktiva, (2) pengaruh Piutang Qardh Terhadap Total Aktiva, (3) pengaruh Penempatan pada Bank Indonesia dan Piutang Qardh Terhadap Total Aktiva pada PT. Bank Central Asia Syariah, Tbk periode 2015-2017. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni sumber data sekunder yang diambil dari laporan keuangan PT. Bank Central Asia Syariah, Tbk, periode 2015-2017 melalui website resminya http://www.bcasyariah.co.id. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kepustakaan, dan browser. Sedangkan untuk analisis data menggunakan deskriptif dan analisis kuantitatif (analisis regresi linier sederhana dan ganda, analisis korelasi, dan analisis koefisien determinasi). Untuk analisis uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan cara perhitungan secara manual dan menggunakan SPSS for Windows 20.0 untuk memperkuat hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian penulis memperoleh kesimpulan bahwa secara parsial Penempatan pada Bank Indonesia terbukti tidak berpengaruh terhadap Total Aktiva dengan hasil nilai thitung < ttabel (1,737 < 2,228) dengan nilai signifikan lebih besar dari nilai profitabilitas 0,05 (0,113 > 0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak. Piutang Qardh terbukti tidak berpengaruh secara parsial terhadap Total Aktiva dengan hasil nilai thitung < ttabel (-1,830 < 2,228) dengan nilai signifikan lebih besar dari nilai profitabilitas 0,05 (0,097 > 0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak. Secara simultan Penempatan pada Bank Indonesia dan Piutang Qardh tidak berpengaruh terhadap Total Aktiva dengan hasil nilai Fhitung < Ftabel (2,353 < 4,74) dengan nilai signifikan lebih besar dari nilai profitabilitas 0,05 (0,151 > 0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penempatan pada Bank Indonesia; Piutang Qardh; Total Aktiva;
Subjects: Econmics
Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Banks
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: ade alan firmansyah
Date Deposited: 31 Oct 2019 04:28
Last Modified: 31 Oct 2019 04:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25771

Actions (login required)

View Item View Item