Religiusitas pekerja seks komersial perempuan di lingkungan Pondok Pesantren Darut Taubah: Studi kasus lokalisasi Saritem Kb. Jeruk Andir Kota Bandung

Maulana, Agis Akbar (2019) Religiusitas pekerja seks komersial perempuan di lingkungan Pondok Pesantren Darut Taubah: Studi kasus lokalisasi Saritem Kb. Jeruk Andir Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover (1).pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang berjudul Religiusitas Pekerja Seks Komersial Perempuan di Lingkungan Pondok Pesantren Darut Taubah (Studi Kasus Lokalisasi “Saritem” Kb. Jeruk Andir, Kota Bandung) ini berusaha mengungkap fenomena keberagamaan di Lokalisasi tersebut. Berangkat dari ketertarikan penulis terhadap fenomena lokalisasi dan Pondok Pesantren yang secara geografis berada dalam satu lingkungan dan sangat dekat. Ini menjadikan alasan yang kuat bagi penulis untuk mengkaji lebih dalam bagaimana religiusitas Pekerja Seks Komersial. Bagaimana keyakinan keagamaan mereka; bagaimana ritual keagamaan mereka; dan bagaimana status keanggotaan atau social life para Pekerja Seks Komersial tersebut. Pekerja Seks Komersial merupakan sesuatu yang dilakukan wanita dengan menawarkan dirinya kepada kaum laki-laki untuk mendapatkan sejumlah bayaran sebagai imbalan pemenuhan kepuasan biologis yang diberikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Religiusitas Pekerja Seks Komersial yang notabene merupakan profesi yang jauh dari norma dan kesusilaan. Besar harapan penulis bahwa dalam penelitian ini nantinya akan memberikan gambaran secara real bagaimana konsep pemahaman keagamaan dari para Pekerja Seks Komersial yang penulis wawancarai. Kemudian dari penelitian ini juga penulis berharap agar stakeholders dapat menunjang kebutuhan perkembangan secara ekonomi, sosial, dan keagamaan. Setidaknya jika aktivitas prostitusi di Saritem tidak dapat dihentikan secara total, namun seluruh komponen masyarakat dan pemangku kepentingan dapat meminimalisir hal ini. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualtatif yang berusaha mengungkap fenomena keberagaman di Lokalisasi tersebut. Peneliti menggunakan Teori Joachim Wach yang mencangkup Keyakinan, Ritual dan Keanggotan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekata Sosiologi Agama dengan proses pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis secara langsung menemui para Pekerja Seks Komersial di Kawasan Saritem dan mewawancarai langsung Stakeholders yang berkaitan secara praktis terhadap keberlangsungan kegiatan di Saritem. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa fenomena yang penulis temukan ini menunjukan bahwa: 1) Adanya keyakinan yang dimiliki oleh Pekerja Seks Komersial Perempuan. 2) Adanya Ritual yang dijalankan Pekerja Seks Komersial ketika menjalani Profesi tersebut. 3) adanya relasi dan hubungan yang terbangun secara baik antar sesama Pekerja Seks Komersial dan masyarakat yang tinggal di lingkungan Saritem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pekerja Seks Komersial; Darut Taubah; Religiusitas; Lokalisasi; Saritem
Subjects: Religious Experiences
Religious Education
Social Groups
Social Groups > Religious Groups
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Perbandingan Agama
Depositing User: Agis Akbar Maulana
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:20
Last Modified: 21 Oct 2019 03:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25794

Actions (login required)

View Item View Item