Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER),Return On Asset (ROA) dan Corporate Size terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur bidang otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia(BEI) tahun 2013-2017

Miptahudin, Iip (2019) Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER),Return On Asset (ROA) dan Corporate Size terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur bidang otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia(BEI) tahun 2013-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi bahwa investasi saham di industri otomotif merupakan salah satu jenis bisnis yang berkembang pesat di Indonesia. Makin banyaknya kuantitas perusahaan otomotif yang merupakan salah satu bukti, bahwa industri otomitif telah menarik banyak pihak. Para investor akan tertarik menanamkan modalnya pada perusahaan yang mempunyai nilai tinggi karena akan memberikan return yang tinggi pula. Oleh karen itu, perusahaan harus berusaha keras untuk meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Asset dan Corporate Size Terhadap Nilai Perusahaan. Debt to equity ratio (DER) adalah rasio yang merupakan perbandingan antara utang dengan equitas. Semakin tinggi rasio ini semakin tinggi risiko kebangkrutan perusahaan. Return On Asset adalah tingkat keuntungan bersih yang berhasil diperoleh perusahaan dalam menjalankan operasionalnya. Sedangkan Corporate Size (ukuran perusahaan) adalah suatu skala, dimana dapat diklasifikasikan besar kecilnya perusahaan menurut berbagai cara, antara lain : total aktiva, log size, nilai pasar saham dan lain-lain. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data sekunder yang diperoleh berdasarkan publikasi sebagi teknik pengumpulan data dari www.idx.co.id dan www.finance.yahoo.com di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel menggunkan porposive sampling sehingga sampel yang terpilih berjumlah 11 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi data panel dan pengujian hipotesis yang digunakan adalah metode statistik uji t dan uji F dengan tingkat signifikan 5%. Penganalisaan data menggunkan Software pengolahan data panel yaitu Eviews version 8. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial (Uji t) variabel debt to equity ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan variabel corporate size tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara simultan (uji F) variabel debt to equity ratio(DER), Return On Asset (ROA) dan corporate size berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai reverensi baik digunakan oleh manajemen perusahaan atau investor dalam menentukan strategi investasi dalam variabel Debt to Equty Ratio(DER), Return On Asset (ROA) dan Corporate Size.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Debt To Equity Ratio; Return On Asset; Corporate Size; Nilai Perusahaan
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: iip miptahudin
Date Deposited: 21 Oct 2019 01:47
Last Modified: 21 Oct 2019 01:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25798

Actions (login required)

View Item View Item