Bimbingan Islamic Parenting melalui Pola Afirmasi untuk menumbuhkan sikap mandiri pada anak: Penelitian di Yayasan Kuncup Mekar Tunas Indonesia Jalan Manisi No 3 Pasirbiru Cibiru Bandung

Rianty, Rizka (2019) Bimbingan Islamic Parenting melalui Pola Afirmasi untuk menumbuhkan sikap mandiri pada anak: Penelitian di Yayasan Kuncup Mekar Tunas Indonesia Jalan Manisi No 3 Pasirbiru Cibiru Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena pengasuhan anak yang terjadi saat ini semakin miris dan memprihatinkan. Penyebabnya banyak generasi penerus bangsa yang tidak berkarakter. Akar penyebab dari permasalahan ini adalah ketidaktahuan orangtua dalam mengasuh anak secara baik sedangkan faktor pendukungnya adalah pernikahan dini, keluarga yang kurang harmonis serta kesalahan pola pengasuhan anak. Secara umum, tanggung jawab mengasuh anak adalah tugas orangtua. Untuk itu kegiatan parenting diperuntukkan untuk orang tua. Kegiatan ini dilakukan untuk menyelaraskan kegiatan-kegiatan pengasuhan pendidikan pada saat sekolah maupun di rumah, serta memberikan pengetahuan tentang bagaimana pola asuh yang baik dalam mendidik anak di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mengoptimalkan pengasuhan orangtua dalam mengembangkan perkembangan anak. Upaya pengelola dalam meningkatkan pemahaman orangtua terhadap pola asuh anak. Mengetahui peran bimbingan orangtua dalam meningkatkan kemandirian pada anak, faktor kendala dalam meningkatkan kemandirian anak dan untuk memperoleh hasil yang dicapai dari proses bimbingan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengamati dan menggambarkan kegiatan orangtua yang memberikan bimbingan kepada anak dalam meningkatkan kemandirian. Bimbingan Islamic Parenting melalui pola afirmasi untuk menumbuhkan sikap mandiri pada anak adalah perlakuan orangtua terhadap anak dalam hal mengasuh, mendidik, membina, membiasakan serta membimbing anak secara optimal berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah yang dimana juga menggunakan metode tentang keyakinan pada diri sendiri, yaitu keyakinan positif yang menuntun dalam bertindak dan membantu menyelesaikan segala permasalahan agar anak mampu melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan Islamic parenting melalui pola afirmasi untuk menumbuhkan sikap mandiri pada anak bertujuan sebagai keberhasilan dalam memecahkan suatu permasalahan. Yayasan Kuncup Mekar Tunas Indonesia mengenalkan jenis parenting yang diajarkan dalam Islam atau biasa dikenal dengan Islamic parenting seperti pola pengasuhan yang dilakukan oleh para nabi untuk dijadikan sebagai panutan. Proses bimbingan Islamic parenting ini dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu membantu orangtua untuk menumbuhkan sikap mandiri pada anak yang perlu ditanamkan dalam diri anak sejak usia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islamic Parenting; Pola Afirmasi;Kemandirian Anak.
Subjects: Applied Psychology > Personal Improvement and Analysis
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rizka Rianty
Date Deposited: 26 Nov 2019 02:14
Last Modified: 26 Nov 2019 02:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25810

Actions (login required)

View Item View Item