Pesan dakwah pada media sosial: studi analisis semiotika Roland Barthes dalam video akun Instagram @nunuzoo Periode 2018

Nasihah, Nadiya Dzurrotun (2019) Pesan dakwah pada media sosial: studi analisis semiotika Roland Barthes dalam video akun Instagram @nunuzoo Periode 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya teknologi saat ini disebabkan oleh dorongan dari manusia yang ingin berinteraksi dan mencari informasi dengan cepat dan mudah seiring dengan kebutuhan manusia, salah satunya jejaring sosial media. Segala bentuk informasi dapat dengan mudahnya diakses. Salah satu media sosial yang banyak digemari masyarakat Indonesia adalah Instagram yang merupakan peluang besar untuk dijadikan sebagai media dakwah, karena Instagram bisa dijangkau oleh semua penjuru dan pengguna Instagram adalah semua kalangan tidak mengenal batas usia bahkan kebanyakan remaja yang aktifitasnya tidak lepas dari sosial media sedangkan mendatangi kajian keislaman terkadang di anggap sebagai sesuatu hal yang kuno untuk dihadiri remaja. Salah satu akun yang digunakan untuk aktivitas dakwah adalah akun Instagram @nunuzoo lewat video-video berdurasi pendek yang merupakan video komedi bermuatan pesan dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos pesan dakwah pada video Instagram akun @nunuzoo periode 2018. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori semiotika Roland Barthes yang dikenal dengan konsep “two order signification” yakni mengkaji tentang makna atau simbol dalam bahasa atau tanda untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos atau bergantung pada konteks tertentu. Metode yang digunakannya adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui makna dari tanda-tanda yang ada dalam video akun Instagram @nunuzoo yanng meliputi denotasi (makna nyata yang sebenarnya) makna konotasi (makna lain yang tersirat) yang disebut signifikasi tahap pertama dan makna aspek lain dari penandaan yakni mitos yang dianggap mampu untuk mengenali tanda dalam pesan yang tersembunyi pada video durasi pendek akun Instagram @nunuzoo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan dakwah pada video Instagram @nunuzoo periode 2018 dibagi menjadi 3 yakni makna denotasi keseluruhan dalam adegan-adegan yaitu pengambilan gambarnya lebih banyak menggunakan medium shot, close up karena untuk mempertegas ekspresi dari setiap video yang diperankan dan memperjelas pesan yang ingin disampaikan kepada penonton, makna konotasi keseluruhan dalam adegan-adegan yakni diperlihatkan banyak makna konotasi juga menggambarkan bahwa sebuah video dapat dipahami tidak hanya dengan melihat makna nyata dari dialog dan ekspresi yang ditunjukkan tetapi ada makna lain yang tersirat. Makna mitos keseluruhan yakni makna mitos yang berkaitan dengan kebiasaan masyarakat dalam melakukan hal yang sebenarnya merupakan budaya barat dan kebiasaan zaman dulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Media Sosial; Akun Instagram @nunuzoo;
Subjects: Special Computer Methods > Digital Video
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nadiya Dzurrotun Nasihah
Date Deposited: 05 Nov 2019 03:57
Last Modified: 05 Nov 2019 03:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25829

Actions (login required)

View Item View Item