Objektivitas berita persib pada situs bobotoh.id : analisiS isi mengenai berita persib pada rubrik situs bobotoh.id edisi 1-31 Agustus 2016

Rosid, Abdul (2016) Objektivitas berita persib pada situs bobotoh.id : analisiS isi mengenai berita persib pada rubrik situs bobotoh.id edisi 1-31 Agustus 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)

Abstract

Dalam menulis sebuah berita, seorang jurnalis harus memiliki sikap objektif. Dengan sikap objektifnya, maka jurnalis akan menulis berita yang objektif pula, yakni sesuai dengan kenyataan, tidak berat sebelah dan bebas dari prasangka. Jurnalis hanya bertugas memberitakan apa yang dia lihat dan rasakan selama di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui objektivitas berita Persib pada situs Bobotoh.id dengan mengkaji bagaimana prinsip faktualitas dan prinsip ketidakberpihakan berita Persib pada situs Bobotoh.id Edisi 1-31 Agustus 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dengan metode analisis isi dengan pendekatan deskriptif bertujuan untuk menggambarkan aspek-aspek dan karakteristik suatu pesan. Selain itu, model yang digunakan yaitu model Jurgen Westerstahl dalam menilai suatu objektivitas. Dalam model tersebut terdapat prinsip yang harus dipenuhi dalam objektivitas yakni faktualitas dan tidak berpihak. Model tersebut menggambarkan bagaimana berita tersebut dapat dikatakan memiliki objektivitas atau tidak dalam pemberitaan tersebut. Dari setiap terdapat kriteria yaitu pada faktualitas terdapat kriteria kebenaran dan relevansi. Sedangkan dari prinsip tidak berpihak terdapat kriteria keseimbangan dan netralitas. Bila seluruh kriteria tersebut dipenuhi maka suatu berita dapat dikatakan mengandung objektivitas. Dalam penelitian yang dilakukan peneliti, diperoleh hasil penelitian dalam 18 berita dengn kesimpulan bahwa tidak terdapat objektivitas dalam pemberitaan situs Bobotoh.id Edisi 1-31 Agustus. Kesimpulan diatas dapat diketahui berdasarkan empat kriteria yang ada, terdapat kriteria yang tidak dipenuhi dari 18 berita secara keseluruhan. Kriteria tersebut adalah kriteria relevansi atau kesinambungan antara judul dengan isi, kriteria keseimbangan (Cover Both Side) dan kriteria netralitas (menghindari penilaian emosional). Sesuai dengan skema landasan teoritis yang terdapat pada bab 1, suatu berita mengandung objektivitas bila memenuhi seluruh kriteria yang ada. Sehingga bila terdapat suatu kriteria yang tidak dipenuhi maka berita tersebut tidak memiliki objektivitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berita; Persib; Sistus Bobotoh;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 05 Nov 2019 04:01
Last Modified: 05 Nov 2019 04:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25840

Actions (login required)

View Item View Item