Aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tapak suci hubungannya dengan akhlak di sekolah: Penelitian di SMA Muhammadiyah 4 Bandung

Rustiana, Rahmat (2019) Aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tapak suci hubungannya dengan akhlak di sekolah: Penelitian di SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena yang terjadi di SMA Muhammadiyah 4 Bandung bahwa salah satu ekstrakurikuler yang dilaksanakan adalah ekstrakurikuler tapak suci. Tujuan dari ekstrakurikuler tersebut salah satunya adalah menjadikan akhlak peserta didik lebih baik, namun berdasakan informasi pada saat studi pendahuluan dikatakan masih ditemukan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler tapak suci, akhlaknya kurang baik. Hal tersebut menimbulkan masalah yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci, (2) akhlak peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci, (3) hubungan aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tapak suci dengan akhlak peserta didik di SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran, bahwa terdapat hubungan positif antara aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tapak suci dengan akhlak di sekolah. Dari asumsi tersebut dirumuskan hipotesis, semakin baik aktivitas peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler tapak suci, maka semakin baik pula akhlak mereka di sekolah. Sebaliknya, semakin buruk aktivitas peserta didik mengikuti ekstrakurikuler tapak suci, maka semakin buruk pula akhlak mereka di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan penyebaran angket, observasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 35 peserta didik. Analisis data kedua variabel penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment, karena variabelnya (variabel X dan variabel Y) berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tapak suci berkualifikasi tinggi, berdasarkan nilai rata-rata 3,59 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. (2) Realitas akhlak peserta didik disekolah berkualifiakasi tinggi, berdasarkan nilai rata-rata 3,88 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. (3) Realitas hubungan antara aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tapak suci (Variabel X) dengan akhlak mereka di sekolah (Variabel Y) termasuk dalam korelasi cukup yang dibuktikan dengan nilai rata-rata sebesar 0,48 angka tersebut berada pada rentang 0,400 – 0,599. Hasil pengujian hipotesisnya, di peroleh thitung sebesar 3,18 > ttabel sebesar 2,03. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis nol (H0) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya terdapat hubungan yang cukup signifikan antara aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tapak suci (Variabel X) dengan akhlak mereka di sekolah (Variabel Y). Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 23% sedangkan 77% akhlak peserta didik dipengaruhi oleh faktor lain baik dari faktor pembinaan keislaman, motivasi belajar, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas: Ekstrakurukuler: Akhlak
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmat Rustiana
Date Deposited: 21 Oct 2019 06:27
Last Modified: 21 Oct 2019 06:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25855

Actions (login required)

View Item View Item