Pengaruh minat remaja mengikuti komunitas Pemuda Hijrah terhadap akhlak mereka: Penelitian di Yayasan Pemuda Hijrah Bandung

Rizqiya, Rima Yuni (2019) Pengaruh minat remaja mengikuti komunitas Pemuda Hijrah terhadap akhlak mereka: Penelitian di Yayasan Pemuda Hijrah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy

Abstract

Komunitas Pemuda Hijrah merupakan salah satu wadah yang menampung para remaja yang memiliki latar belakang negatif seperti kenakalan Remaja yang sekarang sudah mewabah dimana-mana, pergaulan-pergaulan yang merusak akhlak mereka dan sebagainya, namun mereka berkeinginan untuk merubah dirinya menjaid lebih baik atau ingin berhijrah ke hal-hal yang positif. Lalu mereka masuk ke komunitas pemuda hijrah, mereka menganggap bahwa komunitas pemuda hijrah ini mampu merubah mereka menjadi lebih baik melalui kajian-kajian atau bimbingan keagamaan yang disampaikan secara langsung kepada mereka. Bertolak dari pernyataan di atas, maka muncul suatu persoalan bagaimana Pengaruh Minat Remaja Mengikuti Komunitas Pemuda Hijrah Terhadap Akhlak Mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas Minat remaja mengikuti komunitas pemuda hijrah; (2) Realitas Akhlak mereka sehari-hari; dan (3) Pengaruh minat remaja mengikuti komunitas pemuda hijrah terhadap akhlak mereka sehari-hari. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa minat merupakan kecenderungan hati yang tinggi terhadap suatu gairah keinginan, artinya suatu minat akan mempengaruhi pada prilaku atau akhlak diri sendiri. Akhlak itu sendiri merupakan sifat yang tertanam dalam jiwa dan mendorongnya untuk melakukan perbuatan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Dari uraian tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin tinggi minat remaja mengikuti komunitas pemuda hijrah maka akan semakin positif akhlak mereka, begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dari penelitian ini, teknik utamanya adalah angket. Sedangkan teknik tambahannya adalah Observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang dianalisis secara statistik dengan melalui pendekatan parsial dan korelatif. Dari hasil pengolahan data disimpulkan bahwa (1) Realitas Minat Remaja Mengikuti Komunitas Pemuda Hijrah termasuk kategori tinggi berdasarkan skor 3,75 karena berada pada Rentang 3,40 – 4,39; (2) Realitas Akhlak Mereka Sehari-hari termasuk kategori tinggi berdasarkan skor 4,18 karena berada pada rentang 3,40 – 4,39; dan (3) Hubungan antar keduanya menunjukkan (a) koefisien korelasinya terdapat pengaruh yang signifikan yang sedang berdasarkan skor 0,60 karena berada pada skala 0,41 – 0,60; (b) hipotesisnya diterima. Artinya semakin tinggi minat remaja mengikuti komunitas pemuda hijrah maka akan semakin positif pula akhlak mereka berdasarkan thitung (5,76) > ttabel (2,03); dan (c) kadar pengaruh kedua variabel adalah 36% dan 64% dipengaruhi oleh faktor lain baik itu faktor internal maupun eksternal. Dengan demikian, Minat mereka mengikuti Komunitas Pemuda Hijrah Berpengaruh terhadap akhlak mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Minat; Remaja; Akhlak
Subjects: Islam > Muslims Persons, Imams
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rima Yuni Rizqiya
Date Deposited: 21 Oct 2019 06:27
Last Modified: 21 Oct 2019 06:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25860

Actions (login required)

View Item View Item