Standar kelayakan berita online sebagai sumber pemberitaan media radio: Studi kualitatif pada penyiar di Radio Sonata 47 AM Bandung

Hidayatulloh, Ridho Nur (2019) Standar kelayakan berita online sebagai sumber pemberitaan media radio: Studi kualitatif pada penyiar di Radio Sonata 47 AM Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Di era sekarang, masyarakat dunia termasuk Indonesia merupakan penikmat dari kemajuan sebuah teknologi komunikasi dan informasi. Begitu pula dengan penyebaran informasi saat ini, kemajuan teknologi sangat memengaruhi media dalam penyebaran informasi. Hadirnya media online sebagai media penyerbarluas informasi atau berita, dan sebagai alat mendapatkan informasi. Media online juga bermanfaat bagi media massa radio. Salah satunya Radio Sonata 47 AM Bandung yang memanfaatkan media online sebagai sumber pemberitaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih rinci mengenai standar kelayakan berita online yang dijadikan sumber pemberitaan di media radio. Selain itu juga untuk mengetahui perspektif penyiar Radio Sonata 47 AM Bandung mengenai aspek penting, menarik, aktual, dan faktual yang menjadi syarat standar kelayakan sebuah berita. Peneliti menggunakan teori uses and gratifications dan konsep tentang standar kelayakan berita untuk mendukung dalam pengkajian penelitian ini, dengan alasan teori dan konsep tersebut cukup relevan dengan penelitian ini serta membantu dalam mengembangkan pembahasan dalam penelitian ini. Sesuai dengan paradigma yang dipilih yaitu paradigma konstruktivis, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi deskriptif digunakan agar permasalahan dalam penelitian bisa dikaji lebih mendalam sesuai dengan fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yakni data yang merupakan kata verbal bukan angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan wawancara kepada lima informan dan studi kepustakaan serta internet. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa standar kelayakan berita online sebagai sumber pemberitaan media radio dapat dilihat dari empat aspek, yaitu penting, menarik, aktual dan faktual. Semua aspek itu perlu ada dalam sebuah berita. Radio Sonata 47 AM memiliki beberapa cara mengetahui berita online mengandung aspek dari standar kelayakan berita online dilihat dari isi berita, kualitas media online, waktu dimuat berita, dan perbandingan dari berbagai sumber media online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Standar Berita; Media Online; Radio; Penyiar
Subjects: Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ridho Nur Hidayatulloh
Date Deposited: 24 Oct 2019 06:28
Last Modified: 24 Oct 2019 06:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25873

Actions (login required)

View Item View Item