Pengaruh pendekatan bermain terhadap menurunnya perilaku menghindar pada anak yang mengalami trauma pengobatan : Studi eksperimen kasus tunggal pada anak penderita penyakit Lyme dengan trauma psikis pengobatan

Sumiati, Sumiati (2015) Pengaruh pendekatan bermain terhadap menurunnya perilaku menghindar pada anak yang mengalami trauma pengobatan : Studi eksperimen kasus tunggal pada anak penderita penyakit Lyme dengan trauma psikis pengobatan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari perhatian peneliti terhadap fenomena anak penderita penyakit kronis Lyme yang mengalami trauma dengan pengobatan yang sering dijalaninya. Secara umum, ketika seseorang mengalami trauma dan apapun peristiwa yang melatar belakanginya, reaksi yang muncul dapat dikelompokkan kedalam tiga hal yaitu selalu mengingat peristiwa traumatis, selalu menghindar dan mengalami gangguan secara fisik. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada bulan Januari 2015 di ruang rawat inap di cikampek, Karawang Jawa Barat, didapatkan bahwa belum ada pendekatan bermain dalam mengatasi perilaku menghindar dikarenakan trauma pengobatan dari pasien anak yang memiliki penyakit kronis seperti penyakit Lyme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari pendekatan bermain (dengan teknik bercerita, menggambar, melipat dan lego) terhadap menurunnya perilaku menghindar pasien yang memiliki trauma pengobatan. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan menggunakan single subject randomized time series. Penelitaian dilakukan selama 20 hari, 3 hari pertama tidak diberikan treatment dan 17 hari selanjutnya diberikan treatment. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan pengamatan mengenai perilaku menghindar yang terbagi kedalam 6 aspek yaitu menghindar dari dokter, menghindar dari kunjungan perawat, menghindar dari pemberian terapi, menghindar dari pemberian nutrisi, menghindar dari pemberian obat dan menghindar dari petugas laboratorium. Penilaian perilaku menghindar tersebut berdasar pada frekuensi, durasi dan kualitas perilaku yang dimunculkan. Dari hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik deskriptif berupa bentuk grafik yang membuktikan adanya pengaruh dari pemberian treatment terhadap menurunnya perilaku menghindar pada subjek, terlihat dari menurunnya grafik pada aspek perilaku menghindar setelah diberikannya pendekatan bermain. Dari pengamatan terhadap enam aspek perilaku menghindar didapatkan hasil bahwa pada perilaku menghindar terhadap obat terjadi penurunan paling pesat dibandingkan penurunan pada aspek yang lainnya, dan terjadi penurunan yang paling lambat pada perilaku menghindar subjek terhadap pemeriksaan pihak laboratorium dibandingkan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Bermain; Penyakit Lyme; Trauma; Perilaku Menghindar
Subjects: Psychology > Experinmental Research
Customs of People > Research Methods
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Sumiati Sumiati
Date Deposited: 22 Oct 2019 06:50
Last Modified: 22 Oct 2019 06:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25886

Actions (login required)

View Item View Item