Strategi Pengembangan Kependidikan Pesantren : Studi Implementasi Kitab Ta’lîm al-Muta’allim dan Kontribusinya terhadap Kependidikan di Pesantren Buntet Cirebon

Maslani, Maslani and Suntiah, Ratu and Yulianingsih, Yuyun (2015) Strategi Pengembangan Kependidikan Pesantren : Studi Implementasi Kitab Ta’lîm al-Muta’allim dan Kontribusinya terhadap Kependidikan di Pesantren Buntet Cirebon. Project Report. LP2M, Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Executive summary.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I-V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsgd.ac.id

Abstract

Kalangan pesantren khususnya Pesantren Buntet Cirebon menggunakan kitab Ta’lîm sebagai rujukan untuk cara dan etika dalam belajar. Namun, dalam kenyataannya konsep dasar kependidikan dan proses pembelajaran yang diterapkan di Pesantren Buntet masih belum memuaskan dari waktu ke waktu. Maka dari itu, perlu adanya upaya pemahaman terhadap konsep kependidikan tersebut, karena pemikiran tersebut telah dimiliki al-Zarnuji dan digunakan sejak lama di pesantren tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kitab Ta’lîm alMuta’allim dalam kependidikan di pesantren, khususnya di Pesantren Buntet Cirebon. Penelitian ini bertolak dari pandangan bahwa pendidikan merupakan usaha melestarikan, mengalihkan serta mentransformasikan nilai-nilai dalam segala aspeknya. Dalam konteks peningkatan aktivitas pembelajaran di lembaga pesantren perlu adanya kejelasan konsep kependidikan. Oleh karena itu, konsep yang ada pada kitab Ta’lîm yang digunakan pesantren seharusnya diterapkan secara kompromistis dengan situasi dan kondisi, serta pragmatis, agar kelangsungan kependidikan yang dikembangkan tetap eksis di tengah kehidupan dan perubahan sosial yang kompleks. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif. Oleh karena itu, sumber data dan jenis data ditentukan oleh peneliti sendiri sebagai pusat informasi dan bersifat purposif sepanjang dipandang representatif. Peneliti berpartisipasi bersama para guru dan santri dalam pelaksanaan pengembangan kependidikan pada pondok pesantren Buntet Cirebon Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep kependidikan dalam kitab Ta’lîm penerapannya cukup dominan pada pesantren tersebut, terutama pada aspek konsep tujuan belajar, bahan pelajaran, sosok pendidik, sosok santri, lingkungan pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan, proses pendidikan, evaluasi pendidikan, pembiayaan pendidikan, dan implementasi kependidikan al-Zarnuji. Secara garis besar kitab Ta’lîm memuat tiga aspek utama. Aspek pertama berisi konsep dasar belajar yang meliputi: wajib belajar dan tujuan belajar. Aspek kedua berisi bahan pelajaran. Aspek ketiga berisi metode belajar yang meliputi: (1). Etika belajar, terdiri atas niat, ketekunan, pasrah, dan rasa hormat. (2). Stategi belajar, terdiri atas memilih mata pelajaran, memilih guru, memilih kawan dan memotivasi diri. (3). Proses belajar, terdiri atas waktu belajar, tahapan belajar, pengulangan pelajaran, olah pikir, magang, penyesuaian diri dan kepercayaan yang berkembang pada masanya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Christianity > Education, Research
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Andi Ruswandi, S.Pd.I
Date Deposited: 21 Oct 2019 14:36
Last Modified: 18 Dec 2019 03:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25899

Actions (login required)

View Item View Item