Meningkatkan kesadaran lingkungan melalui peran gerakan savemugo (save muaragombong): Studi deskriptif di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi

Febriyanti, Indri (2019) Meningkatkan kesadaran lingkungan melalui peran gerakan savemugo (save muaragombong): Studi deskriptif di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan merupakan permasalahan yang sangat kompleks, sehingga diperlukan penanganan dengan solusi yang tepat dan melalui kerjasama berbagai pihak. Gerakan Savemugo merupakan gerakan untuk meningkatkan kesejahteraan terhadap lingkungan, karena lingkungan merupakan sumber penghidupan, maka dari itu perlu adanya kesadaran dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan masyarakat dengan gerakan Savemugo dalam meningkatkan kesadaran lingkungan, mengetahui upaya yang dilakukan gerakan Savemugo dalam meningkatkan kesadaran lingkungan, dan mengetahu capaian dalam meningkatkan kesadaran lingkungan yang dilakukan gerakan Savemugo. Penelitian ini berdasarkan berangkat dari teori pemberdayaan, Teori Pemberdayaan menurut Ginanjar Kartasasmita ialah suatu upaya untuk membangun daya dengan cara mendorong, memotivasi dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang akan dimilikinya serta berupaya untuk mengembangkan dengan memperkuat potensi yang dimiliki oleh masyarakat (Ginanjar Kartasasmita, 1996:145), dan kemudian penelitian ini dilengkapi dengan teori-teori yang berkaitan dengan kesadaran lingkungan. Dalam penelitian yang dilakukan di Desa Pantai Mekar, Kec. Muara Gembong ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan berdasarkan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi serta analisis data dengan cara mengumpulkan semua informasi, mereduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian pada Peran Gerakan Savemugo dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan dapat disimpulkan bahwa proses pemberdayaan dengan meningkatkan kesadaran lingkungan yang dilakukan meliputi: 1). Hubungan masyarakat dengan gerakan Savemugo dalam meningkatkan kesadaran lingkungan bahwa Gerakan Savemugo sebagai wadah bagi masyarakat dengan menjadikan masyarakat sebagai objek dan subjek pemberdayan, bahwa pelaku pemberdayaan itu masyarakat, 2). Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan lingkungan melalui tahapan yaitu: diawali dengan pendekatan kepada masyarakat merupakan, pendampingan masyarakat, kampanye lingkungan dan penyuluhan terhadap warga, dan 3). Capaian dalam meningkatkan kesadaran lingkungan a). Membuka peluang usaha dibidang wisata dan kontribusi terhadap lingkungan Mengedukasi masyarakat untuk datang ke Muara Gembong dengan mengenalkan objek potensi wisata dan keanekaragaman hayati, b). Membentuk masyarakat sadar wisata, c). Memberdayakan masyarakat dengan cara mengolah mangrove menjadi ekonomi kreatif, d). Meningkatkan ketertarikan warga luar Muara Gembong dan Bekasi mengenai potensi yang ada di Muara Gembong. Dengan demikian hasil dari peran gerakan Savemugo dalam meningkatkan kesadaran lingkungan sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kesadaran lingkungan; gerakan savemugo (save muaragombong);
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Indri Febriyanti
Date Deposited: 23 Dec 2019 03:47
Last Modified: 23 Dec 2019 03:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25918

Actions (login required)

View Item View Item