Hubungan pernikahan pada masa kuliah dengan motivasi belajar : Penelitian terhadap mahasiswa PAI angkatan 2015 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pirdayatu, Luvi Rina (2019) Hubungan pernikahan pada masa kuliah dengan motivasi belajar : Penelitian terhadap mahasiswa PAI angkatan 2015 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, khususnya pada mahasiswa PAI yang sudah menikah menunjukan lebih jarang mengikuti pembelajaran dikelas dibandingkan pada saat sebelum menikah, bahkan ada mahasiswa yang mengambil cuti perkuliahan setelah pernikahan, disebabkan karena kehamilan sehingga kuliahanya menjadi lebih lambat. Hal tersebut sangatlah wajar bagi mahasiswa yang mengambil keputusan untuk menikah pada saat masil kuliah. Tetapi yang menarik perhatian peneliti yaitu mahasiswa yang menikah pada masa kuliah yang memiliki semangat dan motivasi tinggi untuk menyelesaikan studinya tepat waktu bahkan lebih cepat dari mahasiswa yang belum menikah sekalipun, salahsatunya mahasiswi asal Tasikmalaya yang bernama Tia Tufti Rufaida yang menikah ketika semester IV. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) realitas pernikahan pada masa kuliah mahasiswa PAI Angkatan 2015 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2) realitas motivasi belajar mahasiswa yang menikah pada masa kuliah mahasiswa PAI Angkatan 2015 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (3) hubungan antara pernikahan pada masa kuliah dengan motivasi belajar mahasiswa PAI Angkatan 2015 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini didasarkan pada suatu pemikiran bahwa motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh pernikahan pada masa kuliah, artinya pernikahan pada masa kuliah berpengaruh terhadap motivasi belajar mereka. Atas dasar tersebut diajukan hipotesis bahwa: semakin tinggi pernikahan pada masa kuliah maka semakin tinggi pula motivasi belajar mereka, begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 16 orang mahasiswa PAI angkatan 2015 yang sudah menikah. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara mencari mean, modus, standar deviasi, uji normalitas dan uji korelasi. Berdasarkan analisis kuantitatif diperoleh bahwa: (1) pernikahan pada masa kuliah termasuk katagori sangat tinggi, hal ini terbukti dari hasil perolehan skor sebesar 4.64 yang berada pada interval 4.20-5.00; (2) motivasi belajar termasuk dalam katagori tinggi, hal ini terbukti dari hasil perolehan skor sebesar 4.11 yang berada pada interval 3.40– 4.19. (3) hubungan pernikahan pada masa kuliah dengan motivasi belajar, adalah (a) koefisien korelasi termasuk dalam katagoti tinggi dengan skor 0.70 berada pada interval 0.60 – 0.80; (b) hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak; (c) kadar kontribusi variabel X terhadap variabel Y adalah 29%, artinya pernikahan pada masa kuliah (variabel X) berkontribusi 29% terhadap motivasi belajar (variabel Y), sehingga masih terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa yang sudah menikah yatitu sebesar 71%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pernikahan;Mahasiswa;Motivasi Belajar
Subjects: Islam
Culture and Institutions > Marriage
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Luvi Rina Pirdayati
Date Deposited: 25 Oct 2019 06:49
Last Modified: 25 Oct 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25921

Actions (login required)

View Item View Item