Pembelajaran di Pesantren Kebon Jambu al-Islami Babakan Ciwaringin Cirebon : Penelitian Pelaksanaan Pembelajaran di Pesantren Kebon Jambu al-Islami Babakan Ciwaringin Cirebon

Maslani, Maslani (2016) Pembelajaran di Pesantren Kebon Jambu al-Islami Babakan Ciwaringin Cirebon : Penelitian Pelaksanaan Pembelajaran di Pesantren Kebon Jambu al-Islami Babakan Ciwaringin Cirebon. Project Report. LP2M, Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata penganta+daftar isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I-V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsgd.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang berjalan di pesantren tersebut yang konon sedang melakukan pengembangan sesuai dengan tuntutan dan mengintegrasikan diri dengan pendidikan umum. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif. sumber dan jenis data ditentukan oleh peneliti sendiri sebagai pusat informasi. Pelaksanaannya peneliti berpartisipasi bersama para guru dan santri dalam pembelajaran pada pesantren Kebon Jambu al-Islami Babakan Ciwaringin Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang didirikannya Pesantren Kebon Jambu al-Islami karena adanya tuntutan masyarakat yang membutuhkan bimbingan untuk memahami dan menjalankan ajaran Islam. Tujuan pendidikannya untuk membentuk kader ulama dan asatiz yang intelek. Bahan pelajaran yang diajarkan berupa kitab-kitab salaf dan khalaf. Pelaksanaan pembelajarannya terdiri dari pengajaran terjadwal dan kegiatan keagamaan. Faktor penunjang pelaksanaan kegiatan adalah kiai yang bijak dan ikhlas, jenjang pendidikan asatiz sudah banyak yang sarjana, letak geografis yang strategis, dukungan para alumni. Adapun faktor penghambatnya terdiri dari faktor internal berupa kurang terjalinnya komunikasi dan kerjasama yang baik di lingkungan dalam ataupun dengan pihak luar. Faktor luar yaitu sebagian masyarakat kurang peduli terhadap kegiatan-kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan pesantren. Untuk peningkatan kearah yang lebih baik perlu diusahakan peningkatan dalam segala hal, terutama perbaikan dalam proses pembelajaran, mengingat perbaikan ke arah tersebut sangat terbuka lebar karena sumberdaya yang dibutuhkan sudah tersedia. Peningkatan bersilaturahim dengan lembaga lain melalui kerjasama di samping terus melakukan pembinaan-pembinaan berkelanjutan kepada sumberdaya para asatiz agar tercipta pengajar – pengajar handal yang selalu mengikuti perkembangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pesantren
Subjects: Education, Research
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Andi Ruswandi, S.Pd.I
Date Deposited: 21 Oct 2019 15:21
Last Modified: 21 Oct 2019 15:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25923

Actions (login required)

View Item View Item