Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat: Studi deskriptif di pengelolaan jeruk nipis peras Kencana Dusun Wage Rt 06/02 Desa/Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan

Huzaemah, Erna Siti (2019) Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat: Studi deskriptif di pengelolaan jeruk nipis peras Kencana Dusun Wage Rt 06/02 Desa/Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_ Daftar Isi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Ekonomi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena memiliki peran untuk menjaga kestabilan kehidupan berbangsa dan bernegara. Melemahnya ekonomi di Indonesia perlu diperhatikan dan diberdayakan, maka pemberdayaan ekonomi merupakan upaya pengarahan untuk mengembangkan potensi serta meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat. Agar mampu berperan serasi dengan industri kecil menengah dan industri besar., maka diperlukan suatu industri kecil yang memiliki eksistensi di dalam melakukan berbagai adaptasi terhadap lingkungannya. Maka UMKM Jernip Kencana ini merupakan salah satu UMKM yang mampu memberdayakan ekonomi masyarakat. Tumbuhnya perhatian beberapa kalangan seperti akademisi, pemerintahan dan swasta terhadap UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam mengkritisi kondisi perekonomian saat ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis serta mengidentifikasi realitas mengenai pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan jeruk nipis peras oleh UMKM Jernip Kencana Desa Ciawigebang Kec.Ciawigebang Kab.Kuningan. Pemilihan teori dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Edi Suharto yaitu dengan menggunakan pendekatan pemberdayaan melalui Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan, dan Pemeliharaan serta teori kesejahteraan menurut Walter A Friendlader bahwa kesejahteraan yaitu Mencapai standar hidup dan hubungan sosial, Kesehatan yang memuaskan, Pelayanan sosial yang baik, Meningkatan kesejahteraan masyarakat secara selaras. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu menggali kondisi di lapangan melalui pengamatan yang akurat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran UMKM dalam pengembangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pada UMKM Jernip Kencana Desa Ciawigebang Kabupaten Kuningan sangat signifikan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi; Kesejahteraan;
Subjects: Social Groups
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Erna siti huzaemah
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:55
Last Modified: 31 Oct 2019 06:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25953

Actions (login required)

View Item View Item