Pengaruh pengendalian anggaran terhadap analisis varians belanja di Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat tahun 2013-2017

Haryaningsih, Resti (2019) Pengaruh pengendalian anggaran terhadap analisis varians belanja di Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat tahun 2013-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Pengendalianianggaran pada prinsipnya dapat memperhatikan suatu kegiatan dan selalu mengawasi aktivitas sehari-hari terhadap pengelolaan keuangan anggaran, pengendalian anggaran merupakan suatu usaha sistematis dalam penetapan standar pelaksanaan dengan tujuan perencanaan kegiatan serta membandingkan pelaksanaan dengan tujuan perencanaan dan mengatur penyimpangan-penyimpangan serta mengatur adanya varians yang terjadi dalam anggaran belanja. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengendalian anggaran terhadap analisis varians belanja di Dinas PemberdayaanPerempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat tahun 2013-2017. Variabel dalam penelitian ini yaitu Pengendalian anggaran dan analisis varians belanja. Dalam penelitian ini metode yang digunakan merupakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data menggunakan metode survei dengan kuesioner atau survei angket. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat dengan sampel sebanyak 70 pegawai. Dalam pemilihan sampel menggunakan teknik probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji-t dengan menggunakan SPSS for windows versi 25.0. Hasil dari hitungan bahwa koefisien regresi variabel pengendalian anggaran sebesar 0,320 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai pengendalian anggaran, maka analisis varians belanja akan mengalami kenaikan sebesar 0,320. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap y adalah positif. Hasil perhitungan koefisien korelasi antara pengendalian anggaran (X) terhadap Analisis Varians Belanja (Y) sebesar 0,500 dengan tingkat signifikasi 0,000, nilai tersebut menunjukkan tingkat korelasi lemah. Hasil koefisien determinasi pengendalian anggaran terhadap analisis varians yang dihitung dengan koefisien determinasi adalah 0,250 atau 25%. Dengan demikian pengaruh Pengendalian Anggaran terhadap Analisis Varians Belanja sebesar 25%, dan sisanya sebesar 75% dipengaruhi oleh faktor lain. hasil Uji t diperoleh t hitung sebesar 4,721 > t tabel 1,997 dengaan taraf signifikasi 0,000. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya Pengendalian Anggaran berpengaruh terhadap analisis varians belanja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian; Anggaran; Belanja;
Subjects: Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Resti Haryaningsih
Date Deposited: 23 Oct 2019 03:51
Last Modified: 23 Oct 2019 03:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25995

Actions (login required)

View Item View Item