Upaya guru dalam mengimplementasikan kurikulum bidang studi Pendidikan agama Islam di Sekolah Islam Patana Mayo Pattani Thailand Selatan

Chemah, Miss Murnee (2019) Upaya guru dalam mengimplementasikan kurikulum bidang studi Pendidikan agama Islam di Sekolah Islam Patana Mayo Pattani Thailand Selatan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum memegang kedudukan kunci dalam pendidikan,sebab berkaitan dengan penentuan arah, isi dan proses pendidikan yang pada akhirnya menentukan macam dan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan. oleh karena itu, kurikulum disekolah harus dikembangkan sesuai dengan situasi dan kondisi dimanasekolah itu berada. Bagaimana idealnya kurikulum tanpa ditunjang oleh kemampuan guru untuk mengimplementasikannya, maka kurikulum itu tidak akan bermakna sebagai suatu alat pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui implementasi kurikulum bidang studi Pendidikan Agama Islam di sekolah Islam Patana Pattani Thailand Selatan, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum bidang studi Pendidikan Agama Islam di sekolah Islam Patana Mayo Pattani Thailand Selatan, (3) untuk mengetahui hasil dalam implementasikan kurikulum bidang studi Pendidikan Agama Islam di sekolah Islam Patana Mayo Pattani Thailand Selatan. Penelitian ini berdasarkan kerangka pemikiran bahwa mengimplementasi kurikulum memerlukan manajeman yang baik. Dalam rangka mengimplementasi kurikulum 2546 (2003 revisi tahun 2012) di sekolah Islam Patana Mayo Pattani Thailand Selatan, ada beberapa aspek manajemen yang penting sebagai strategi untuk memperkuat pelaksanaannya. Aspek-aspek tersebut meliputi perencanaan terdiri atas guru, kepala sekolah, fasilitas dan pendukung, proses pembelajaran di sekolah dan kegiatan dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskiptif yaitu metode penelitian untuk memecahkan masalah-masalah yang aktual. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui unitisasi data, analisis data. Adapun uiji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, analisis khasus negatif, menggunakan bahan referensi,member check. Hasil penelitian ini adalah bahwa (1) Proses implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam 2546 (2003, revisi tahun 2012) terdiri beberapa tahap: (a) Perencanaan pembelajaran dengan membaut program tahuan, program semester, program rencana pembelajaran dengan membuat program tahunan, program semester, program rencana pembelajaran dan kalender pendidikan, (b) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan cara melakukan Appersepsi yang dilakukan dengan pre test baik berupa Tanya jawab, kuis, studi kasus, dan sebagainya, pendekatan CTL, Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode Ceramah, metode Tanya jawab, metode demonstrasi, metode pemecahan masalah, metode diskusi, metode modeling, metode permainan yang disesuikan dengan materi yang diajarkan, media pembelajaran disediakan oleh sekolah dan hasil kreativitas guru Pendidikan Agama Islam, (c) evaluasi penilaian kelas yang dilakukan dengan sistem penilaian proses dan penilian hasil yang berprientasi pada tiga ranah kognitif afektif dan psikomotorik. (2) Faktor pendukung diataranya yaitu komponen-komponen sudah lengkapmulai dari dikasih kelender pendidikan, silabus, dan guru hanya perlu melengkapi kekurangan yang tersedia. Faktor penghambat yaitu kurang sarana dan perasarana. (3) Implementasi kurikulum 2546 (2003, revisi tahun 2012) cukup signifikan dirasakan berpengaruh terhadap prosese belajar mengajar, menciptakan suasana belajar dan mengajar yang lebih komunikatif, menarik minat untuk lebih aktif berkomunikasi dengan teman dan gurunya, meningkatkan rasa percaya diri dan rasa ingin tahu dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kurikulum; Upaya guru; Pendidikan agama Islam;
Subjects: Library and Information Sciences > Education and Related Topics
Islam > Islamic Religious Education
Education > Organization of Education
Photography and Photographs > Education, Research, Related Topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Murnee Chemah nurani
Date Deposited: 24 Oct 2019 03:41
Last Modified: 24 Oct 2019 03:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26047

Actions (login required)

View Item View Item