Pengaruh mutasi terhadap kinerja yang berdampak pada pengembangan karir: Studi pada Direktorat Ajudan Jenderal TNI Angkatan Darat Bandung

Nurjanah, Suci (2019) Pengaruh mutasi terhadap kinerja yang berdampak pada pengembangan karir: Studi pada Direktorat Ajudan Jenderal TNI Angkatan Darat Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Direktorat Ajudan Jenderal Angkatan Darat atau DITAJENAD merupakan salah satu corps di dalam tubuh TNI AD yang mempunyai tugas pokok untuk membina, menyelenggarakan pengurusan di bidang administrasi personel, administrasi umum, dan kesejahteraan moril prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS). Di dalam pelaksanakan pekerjaan di Ditajenad secara bertahap akan dilakukan mutasi. Namun mutasi tersebut menimbulkan permasalahan yang dihadapi instansi yakni terkait adanya perspektif negatif mengenai mutasi sampai dengan adanya penurunan kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mutasi terhadap kinerja yang berdampak pada pengembangan karir pada pegawai Direktorat Ajudan Jenderal TNI Angkatan Darat Kota Bandung. Untuk pengembangan mutasi, peneliti menggunakan teori dari Hasibuan (2011) yaitu pengalaman, pengetahuan, kebutuhan, kecakapan, dan tanggung jawab. Untuk pengembangan kinerja menggunakan teori dari Agus (2003) yaitu kuantitas, kualitas, dan ketepatan waktu. Dan untuk pengembangan pengembangan karir menggunakan teori dari Handoko (2014) yaitu prestasi kerja, eksposur, permintaan berhenti, kesetiaan organisasi, mentor dan sponsor, dan peluang untuk tumbuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dan menggunakan logika deduktif. Instrumen penelitian berupa studi literatur, dan studi lapangan yang terdiri dari wawancara tidak terstruktur, observasi, dan kuesioner yang disebar kepada 112 responden dengan teknik nonprobability sampling dengan menggunakan sampel jenuh. Untuk mengetahui pengaruh mutasi terhadap kinerja yang berdampak pada pengembangan karir digunakan Uji t dan Uji F melalui software SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan mutasi terhadap kinerja, dilihat dari t tabel 2.022 maka, t hitung > t tabel (3.212 > 2.022), dan terdapat pengaruh positif dan signifikan pengembangan karir terhadap kinerja dilihat dari t tabel 2.022 maka, t hitung > t tabel (8.197 > 2.022). Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan mutasi terhadap kinerja yang berdampak pada pengembangan karir dilihat dari F tabel 8.550 maka, F hitung > F tabel (38.308 > 8.550). Berdasarkan koefisien determinasi didapatkan niai r square 0.413. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja dipengaruhi oleh mutasi dan pengembangan karir, sebesar 41.3% sedangkan 58.7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Penelitian ini juga menunjukkan pengaruh pengembangan karir sebagai variabel moderasi yang dapat memperkuat pengaruh mutasi terhadap kinerja dilihat dari nilai r square pada regresi sebelumnya adalah 41.3% sedangkan setelah adanya variabel moderasi nilai r square mengalami kenaikan walaupun tidak banyak yaitu menjadi 41.4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mutasi berpengaruh terhadap kinerja yang berdampak pada pengembangan karir pegawai Direktorat Ajudan Jenderal TNI Angkatan Darat Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mutasi; Kinerja; Pengembangan Karir;
Subjects: General Management > Manajement for Specific Organizations
General Management > Education, Research of Management
General Management > Job Analysis
General Management > Management of Supplies
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Suci Nurjanah
Date Deposited: 23 Oct 2019 08:37
Last Modified: 23 Oct 2019 08:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26063

Actions (login required)

View Item View Item