Manajemen rekrutmen tenaga pendidik untuk meningkatkan mutu pendidikan: Penelitian di MTs Nurul Falaah Soreang dan MTs YAMISA Soreang Kabupaten Bandung

Husyaeri, Husen (2019) Manajemen rekrutmen tenaga pendidik untuk meningkatkan mutu pendidikan: Penelitian di MTs Nurul Falaah Soreang dan MTs YAMISA Soreang Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Tenaga pendidik merupakan unsur penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Permasalahan yang sering terjadi dalam rekrutmen tenaga pendidik adalah perencanaan rekrutmen yang kurang mapan sehingga sering kali terjadi kegagalan dalam pencapain tujuan, banyak penyelenggaraan rekrutmen tenaga pendidik belum menggunakan sistem manajemen yang baik. Hal tersebut terjadi karena kurangnya perencanaan dan tenaga ahli yang belum memadai. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: 1) Mengidentifikasi rekrutmen pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Nurul Falaah dan MTs YAMISA Soreang Kabupaten Bandung. 2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam rekrutmen pendidik. 3) Untuk mengidentifikasi solusi dari problem yang dihadapi dalam pelaksanaan rekrutmen tenaga pendidik. Madrasah Tsanawiyah Nurul Falaah dan Madrasah Tsanawiyah YAMISA Soreang merupakan lembaga pendidikan Islam yang cukup berpengaruh dalam melahirkan sumber daya manusia yang produktif baik dalam Iman dan Takwa maupun Ilmu dan Teknologi. Maka MTs tersebut harus memiliki perencanaan rekrutmen yang baik agar mendapat tenaga yang yang frofesional, kompeten, dan bermutu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi. Yang menjadi sumber datanya adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Guru, TU, dan Pengelola Yayasan MTs Nurul Falaah dan MTs Yamisa Soreang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan rekrutmen dan seleksi tenaga pendidik di MTs Nurul Falaah dan MTs YAMISA Soreang dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu pertama penentuan kebutuhan yang diperlukan untuk menjadi tenaga pendidik, kemudian mengonfirmasi adanya lowongan melalui majalah dinding, kedua seleksi administrasi dilakukan oleh madrasah, Pelaksanaan tes calon tenga pendidik di MTs Nurul Falaah dan MTs YAMISA Soreang meliputi tes tulis, tes wawancara, tes mengajar. Pelaksanaan manajemen rekrutmen tenaga pendidik untuk peningkatan mutu pendidikan di MTs Nurul Falaah dan MTs Yamisa Soreang diantaranya perencanaan rekrutmen, pengorganisasian, pelaksanaan rekrutmen, dan pengawasan terhadap tim rekrutmen. Hambatan yang dihadapi dalam rekrutmen adalah kompetensi pelamar yang tidak sesuai dengan kekosongan dibidang yang dibutuhkan di MTs Nurul Falaah Soreang. Tidak tersedianya tenaga pendidik yang memenuhi persyaratan juga menjadi kendala bagi MTs Yamisa Soreang. Solusi dari hambatan di MTs Nurul Falaah Soreang adalah terus mencari dan menemukan pelamar yang sesuai kualifikasi sesuai pada bidangnya. Solusi dari hambatan di MTs Yamisa Soreang dengan cara menyebarkan informasi lebih luas lagi kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Tenaga Pendidik; Mutu Pendidikan; Madrasah Tsanawiyah;
Subjects: Customs of People > Organization and Management
General Management > Data Processing and Analysis of Management
General Management > Education, Research of Management
General Management > Information Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Husen Husyaeri
Date Deposited: 24 Oct 2019 02:41
Last Modified: 24 Oct 2019 02:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26069

Actions (login required)

View Item View Item