Penerapan metode Ilham pada Al-Qur'an Juz 30 pengaruhnya terhadap keterampilan siswa dalam menghafal Al-Qur'an: Penelitian quasi eksperimen di SMPN 56 Bandung kelas VII semester Genap

Alawiah, Ulfah (2019) Penerapan metode Ilham pada Al-Qur'an Juz 30 pengaruhnya terhadap keterampilan siswa dalam menghafal Al-Qur'an: Penelitian quasi eksperimen di SMPN 56 Bandung kelas VII semester Genap. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada adanya permasalahan yaitu keterampilan sebagian siswa dalam menghafal Al-Qur’an masih rendah, dibuktikan dengan nilai yang masih di bawah KKM yaitu 76, siswa-siswanya ada yang masih belum bisa menghafal Al-Qur’an dengan baik, tidak bisa membedakan huruf-huruf hijaiyah sehingga pelafalan dan pengucapannya pun masih salah, siswa kurang memahami makharijul huruf, sifatil huruf, ahkam mad, ahkam waqaf, ahkam huruf. Penyebab dari fenomena di atas yaitu guru masih belum menggunakan metode yang tepat. Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat digunakan guru. Salah satunya adalah metode ILHAM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan penerapan metode ILHAM terhadap keterampilan menghafal Al-Qur’an siswa, (2) keterampilan menghafal Al-Qur’an siswa setelah mendapat pembelajaran menggunakan metode ILHAM, dan (3) pengaruh penerapan metode ILHAM terhadap keterampilan menghafal Al-Qur’an siswa. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa keterampilan menghafal Al-Qur’an dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya metode yang tepat, termasuk metode ILHAM. Atas dasar itu peneliti memilih metode ILHAM untuk memudahkan peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an sehingga terhindar dari kesalahan-kesalahan dasar atau pokok yang dianggap fatal. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment one group pretest posttest design. Desain ini terdiri dari satu kelas eksperiment untuk pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan inklusi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan test. Analisis data menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Penerapan metode ILHAM berjalan sangat baik sesuai dengan tahapannya. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata keterlaksanaan pada pertemuan pertama sebesar 76,5%, pertemuan kedua sebesar 86%, dan pertemuan ketiga sebesar 92,5%. 2) Keterampilan menghafal Al-Qur’an siswa setelah menggunakan metode ILHAM mengalami peningkatan, dengan diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 65,53 dengan standar deviasi (SD) 11,3, posttest sebesar 74,53 dengan standar deviasi (SD) 7,89 dan berkategori baik. Berdasarkan hasil analisis data uji normalitas Max |FT-FS| < nilai tabel Kolmogorov Smirnov yaitu 0,1052 < 0,259 dan 0,0735 < 0,259 artinya data berdistribusi normal. 3) Pengaruh penerapan metode ILHAM dari hasil analisis data uji N-Gain menunjukkan perhitungan rata-rata menghafal Al-Qur’an mendapatkan hasil rata-rata pretest 65,53, posttest 74,53, N-Gain 0,26 jika dipersentasikan sebesar 26% dan termasuk pada kategori rendah. Hasil uji “t” didapatkan Thitung > Ttabel yaitu 7,75 > 2,06 artinya HI diterima secara signifikan terdapat peningkatan keterampilan menghafal Al-Qur’an sebelum dan sesudah menggunakan metode ILHAM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode Ilham; keterampilan siswa; menghafal Al-Qur'an;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah alawiah
Date Deposited: 26 Dec 2019 02:23
Last Modified: 26 Dec 2019 02:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26077

Actions (login required)

View Item View Item